10 TIPS PEMIMPIN KREATIF DAN EFEKTIF

KANAL24 -2021-09-14, 14:00:00 WIB 275 kali

Ilustrasi (glints)

Oleh: Sri Juminawati,  SE. MM

Membangun keahlian dalam kepemimpinan sangat penting bagi keberhasilan tim dan perusahaan terutama di era digital yang kian bergerak cepat.  Generasi Milenial saat ini  membutuhkan Pemimpin kreatif, prinsip dan efektif untuk mencapai tujuan. 

Memimpin generasi milenial pada saat ini membutuhkan pendekatan yang berbeda dengan generasi sebelumnya sehingga seorang pemimpin haruslah memperbaharui mengenai gaya dan tips kepemimpinan untuk saat ini.

Sebagai pemimpin perusahaan yang kreatif, prinsip dan efektif tentunya akan menerapkan pola kepemimpinan yang memiliki 10 prinsip baru dalam kepemimpinan era sekarang. 

Pertama, Membangun komunikasi yang JUJUR dan TERBUKA. Elemen terpenting dari kepemimpinan yang efektif dengan menciptakan  Jalur Komunikasi terbuka dengan anggota tim. Kejujuran dan transparansi harus menjadi contoh yang baik. Perusahaan dan karyawan adalah refleksi dari diri pemimpin yang menjadikan perilaku JUJUR dan ETIS sebagai nilai KUNCI orang lain/karyawan/tim akan mengikuti. Kedua, KONEKSI dengan anggota lain untuk membangun  TRUST saling percaya dan pengertian antara pemimpin dan tim harus saling terkoneksi untuk membangun budaya akuntabilitas dan kinerja dalam mecapai kesuksesan dan tujuan bisnis, tim yang bahagia dan target pemimpin yang terpenuhi. Jadi harus focus mengenal kepribadian, minat, kekuatan,kelemahan, hobi,dan preferensi.

Tips yang ketiga adalah Kepemimpinan yang mendorong PERTUMBUHAN pribadi tim dan PROFESIONALISME kerja. Pemimpin bertindak sebagai penyemangat tim karena penting untuk menjadi pemimpin yang baik dan efektif.  Memotivasi dan menginspirasi karyawan butuh strategi kepemimpinan dalam memberdayakan orang lain melakukan yang terbaik dalam menghadapi tantangan dan merasakan kepuasan dalam mengatasi,  misal : menghadapi klien / pelanggan/nasabah yang tangguh, Penjualan yang sulit, dan Tantangan lainnya. Maka yang sebagai pemimpin tidak takut untuk mendelegasi tugas dan mendorong kebebasan dan kreativitas dari masing-masing  individu karyawan / tim.
Keempat adalah membangun sikap Positif. Sebagai Pemimpin tentunya berharap dalam menjalankan operasional sehari hari menjadi lancar namun kenyataan dalam perjalanan terjadi miskomunikasi kecil atau kesalahan besar.  Sebagai pemimpin pastikan berupaya mengatasi hambatan / kendala dan focus kepada 3 hal positif dalam mengatasi masalah dengan cara MENGINDENTIFIKASI masalah dengan melihat sisi positif dan yakin mereka akan bereaksi positif, ANTUSIASME DAN KEPERCAYAAN DIRI atas reaksi tersebut karyawan/tim tidak merasa tertekan dengan masalah tersebut jadi lebih mampu berpikir jernih dalam menyelesaikan masalah yang fokus pada SOLUSI.

Sedangkan untuk tips yang kelima hingga sepuluh merupakan tips kepemimpinan dalam hal mendrong kerja tim agar dapat berjalan sesuai dengan tujuan organisasi atau perusahaan.  Tips tersebut meliputi yang kelima, MENGAJARKAN dan MENGARAHKAN karyawan / tim dan tidak sekedar memberi perintah. Keenam MENETAPKAN TUJUAN dan HARAPAN yang jelas ( Visi, Misi dan Goal). Ketujuh memberikan FEEDBACK langsung tentang Kinerja untuk meningkatkan kemampuan dan prestasi karyawan/tim. Kedelapan seorang pemimpin tidak ragu meminta  MASUKKAN dan TANGGAPAN tentang Kepemimpinan yang di pimpinnya karena sangat membantu dalam menemukan area area atau skill pemimpin yang harus ditingkatkan. Sedangkan kesembilan pemimpin harus TERBUKA atas IDE IDE BARU dan kesepuluh MEMAHAMI POTENSI diri sendiri bahwa gaya kepemimpinan yang baik sangat berperan dalam cara diri sendiri  berinteraksi dengan karyawan / tim dan mengharuskan adanya evaluasi karena menjadi pemimpin yang baik membutuhkan waktu.

Jika 10 tips kepemimpinan kreatif ini dapat dijalankan maka organisasi atau perusahaan dapat bergerak dengan lincah bersama dengan generasi milenial dalam mengarungi perubahan dan dinamika yang ada. (*)

Penulis adalah: Mahasiswa S3 Perbankan Syariah UIN Jakarta dan Board Of Director
PT Sri Mas Kencana

Popular

KANAL24 - 2020-05-03 36051 kali

COVID-19 DAN FITNAH AKHIR ZAMAN

KANAL24 - 2020-02-27 29517 kali

AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

KANAL24 - 2019-07-04 26952 kali

Tujuh Istilah Populer Dalam Tinju

KANAL24 - 2019-06-29 23194 kali

20 Istilah Basket Yang Perlu Diketahui

KANAL24 - 2019-08-14 20065 kali

Kenali 10 Istilah Dalam Pramuka