12 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh

KANAL24 -2019-08-07, 12:00:00 WIB 358 kali

temulawak (dokterseha.com)

KANAL24, Malang – Temulawak  adalah salah satu bahan rempah-repah yang cukup populer di Indonesia. Memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza Roxb, manfaat temulawak sudah dirasakan dari sejak dahulu kala sebagai obat tradisional khas Indonesia.
Apa Saja Manfaat Temulawak yang Baik untuk Kesehatan?
Sebelum Anda mendapat penjelasan mengenai manfaat temulawak, perlu Anda ketahui bagian dari temulawak yang dipercaya paling berkhasiat adalah akar dan batangnya. Dilansir dari laman doktersehat.com  ini adalah manfaat temulawak untuk kesehatan yang harus Anda tahu, di antaranya:
1.Menambah nafsu makan
Manfaat temulawak sudah dikenal luas sebagai penambah nafsu makan bagi anak-anak agar mereka bisa makan dengan lahap dan tercukupi kebutuhan gizinya, sehingga perkembangan tubuhnya pun bisa maksimal. Tak hanya dibuat sebagai jamu, beberapa jenis obat-obatan penambah nafsu makan juga menggunakan bahan alami ini.
2. Mengobati gangguan pencernaan
Beberapa jenis penyakit seperti kembung, diare, atau bahkan dispepsia ternyata bisa diobati dengan bahan alami ini. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal  Clinical Gastroenterology and Hepatology mengungkapkan, bahwa dengan mengonsumsi jamu temulawak secara teratur, kondisi pasien yang mengalami gangguan pencernaan cenderung semakin semakin membaik.
3. Mengatasi kram perut saat haid
Banyak wanita yang mengaku mengalami nyeri perut tatkala fase menstruasi tiba. Cobalah untuk mendapatkan manfaat temulawak. Mengonsumsi temulawak bisa meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan saat menstruasi.
4. Mengatasi masuk angin
Manfaat temulawak yang sering kali tidak disadari adalah kemampuannya untuk mengatasi masuk angin. Pakar kesehatan menyebutkan jika kandungan di dalam temulawak ternyata memiliki kemampuan dalam mengobati masuk angin sekaligus sakit kepala. Dengan meminum dua hingga tiga gelas jamu temulawak, maka sakit kepala dan masuk angin pun akan mereda.
5. Membantu pengobatan kanker
Sebuah jurnal kesehatan The Prostate mengungkapkan bahwa, manfaat temulawak ternyata memiliki kandungan aktif yang mampu membantu pengobatan kanker layaknya kanker payudara, kanker prostat, hingga kanker usus. Penelitian lain yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Center juga menyebutkan jika nutrisi di dalam temulawak bisa membunuh perkembangan sel kanker dengan efektif.
6. Mengatasi masalah usus besar
Manfaat temulawak lainnya juga dipercaya mampu mengobati beberapa jenis penyakit, salah satunya adalah gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar (irritable bowel syndrome), penyakit liver dan gangguan kantong empedu. Kondisi ini umumnya diiringi gejala-gejala seperti nyeri ulu hati, kembung dan mual.
7. Memengaruhi metabolisme lemak
Manfaat temulawak juga bisa memengaruhi metabolisme lipid atau lemak. Metabolisme lemak adalah proses penguraian asam lemak untuk menjadi energi bagi tubuh. Sebuah penelitian menemukan, temulawak mengandung bahan aktif selain curcuminoid, yang memengaruhi sistem metabolisme lemak.
8. Mengatasi radang sendi
Bagi Anda yang mengalami osteoarthritis atau peradangan yang terjadi pada persendian, sebaiknya Anda mencoba untuk mendapatkan manfaat temulawak. Temulawak mampu meredakan rasa sakit pada dan kekuan pada sendi.
Bahkan sebuah penelitian mengungkapkan, manfaat temulawak untuk kesehatan menunjukkan efek yang hampir sama saat penggunaan ibuprofen yang diberikan pada pasien osteoarthritis.
9. Mengeluarkan toksin dalam tubuh
Kandungan Phelandren di temulawak dipercaya mampu membantu mengeluarkan toksin dari dalam tubuh.
10. Mengatasi demam
Manfaat temulawak selanjutnya adalah kemampuannya meredakan demam. Jika Anda adalah orang yang sering menggunakan obat-obat yang dijual di apotek untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda bisa mencoba untuk menggunakan temulawak.
11. Meningkatkan fungsi ginjal
Manfaat temulawak yang satu ini diturunkan karena adanya kandungan minyak asiri di dalamnya. Minyak asiri membantu meningkatkan fungsi ginjal dalam menyaring darah dari sisa metabolisme dan racun.
12. Meningkatkan stamina
Bagi Anda yang ingin meningkatkan stamina dengan bahan-bahan alami, sepertinya Anda bisa menjadikan temulawak sebagai alternatif. Campuran kunyit yang dicampur temulawak bisa membuat tubuh tidak gampang lelah dan lebih bersemangat. Hal ini bisa terjadi karena kandunga tonikum di dalamnya.(sdk)

kanal24.co.id
Popular

KANAL24 - 2019-07-29 4287 kali

Jangan Bawa Mitos ke Tanah Suci

KANAL24 - 2019-07-30 3758 kali

Merebut Kemuliaan di Masjidil Haram

KANAL24 - 2019-07-26 3275 kali

4.308 Pendaftar Vokasi Jalani Tes Masuk UB

KANAL24 - 2019-07-26 3182 kali

Jamaah Haji Perlu Jaga Diri

KANAL24 - 2019-07-28 2745 kali

Jadilah Tamu yang Baik

KANAL24 - 2019-07-27 2700 kali

Meraih Imbalan Surga