Anak Muda Harus Dekat Spirit Nabi Muhammad

KANAL24 -2020-11-12, 14:00:00 WIB 241 kali

Habib Muhammad bin Anies (mega kanal24)

KANAL24, Malang - Sebagai muslim milenial, pemuda harus selalu dekat kepada Nabi Muhammad SAW. Pernyataan ini disampaikan oleh Habib Muhammad bin Anies Shahab saat memberi dakwah pada Tabligh Akbar online Pemuda Peradaban bertajuk Spirit Maulid Nabi untuk Mencetak Pemuda sebagai Pahlawan Peradaban Bangsa yang digelar oleh Masjid Raden Patah Universitas Brawijaya, kamis (12/11/2020).

“Nabi Muhammad SAW memiliki peran penting untuk membawa pemuda menjadi lebih baik. Rasul SAW dalam didikannya terhadap para pemuda sangat luar biasa. Seperti yang kita ketahui, pada saat akan perang ada pemuda yang memiliki semangat perang luar biasa datang dari Yaman perjalanan hampir 2 minggu. Setelah sampai di Madinah ia mengatakan kepada Nabi, keinginannya untuk berjihad, namun karena anak tersebut masih berusia 15 Tahun dan belum sempat izin kepada orang tuanya. Nabi Muhammad SAW pun mengatakan kepada si pemuda untuk kembali ke orang tuanya dan berjihad bersama mereka,” cerita Habib kepada peserta kajian.

Lanjutnya, inilah pendidikan yang Rasul berikan kepada pemuda, yakni mewajibkan untuk birul walidain lebih dari apapun. Nabi muhammad SAW juga memberikan syafaat supaya umatnya ini selamat, bisa masuk surga dan terhindar dari neraka. 

Hal penting lainnya terkait dengan peradaban adalah luar biasanya Nabi Muhammad SAW menjalankan mandat dari Allah SWT hanya selama 23 tahun. Namun, meski hanya 23 tahun perubahan yang terjadi justru lebih baik. Sampai sekarang, umat Nabi Muhammad terus bertambah dan nama Rasul terus digaungkan, diabadikan, dan dimuliakan oleh Allah SWT.

“Kita bisa mengambil spirit dari bagaimana cara Nabi Muhammad menghadapi pemuda, menasehati pemuda dengan penuh kelembutan dan dengan perumpamaan-perumpamaan yang rasional. Sebagai pemuda, harus selalu dekat dengan Nabi Muhammad SAW. Caranya dengan membaca buku tentang kisah nabi, sejarah nabi, kehidupan sehari-hari dan kepribadian nabi, selalui cari ilmu tentang kepribadian rasul, usahakan membaca setiap hari. Kita perlu tahu bagaimana beliau bermuamalah bagaimana beliau bisa untuk menjadi seorang yang uswatun khasanah, dipilih oleh Allah SWT,” pungkas Habib. (Meg)

kanal24.co.id Masjid Raden Patah MRP UB Habib Muhammad bin Anies peradaban pemuda