Balkondes Karangrejo, Geliat Ekonomi Desa Sambut Berkah Pariwisata

KANAL24 -2020-02-12, 06:00:00 WIB 112 kali

Kampung Agro Palawija Karangrejo Magelang (sidik kanal24)

KANAL24, Magelang - Langkah mengoptimalkan potensi desa di sekitar tempat pariwisata bisa anda lihat di desa sekitar Candi Borobudur Magelang. 


Sebagai calon kawasan wisata yang masuk super prioritas menjadi the next Bali, kawasan sekitar candi ikut menyambut wisatawan dengan menyajikan desa wisata dan penginapan yang berkonsep desa melalui Balai Ekonomi Desa (balkondes).


Desa Karangrejo misalnya yang terletak tidak jauh dari Candi Borobudur ini memiliki konsep Desa Agro Palawija sebagai tema besarnya, memiliki balkondes yang berkonsep asri di tengah area persawahan dan ladang palawija. 


"Balkondes ini ada sejak 2017 didukung oleh BUMN PGN, dan menjadi salah satu aset desa unk menginap wisatawan," kata Muhdi pimpinan Balkondes Karangrejo. 

Balkondes Karangrejo dengan homestay berkonsep family (sidik kanal24)

Balkondes ini berkonsep family dimana terdapat aula joglo dan aula Limasan disampingnya untuk area publik. Di samping terdapat mushola dan sebuah panggung kecil. 


Kamarnya terbuat dari kayu dimana dalam setiap bangunan terdapat tiga kamar, ruang tamu dan juga kamar mandi. 


"Kami ada total 13 staff yang mengela balkondes ini dengan standar pelayanan hotel," lanjut Muhdi.


Dengan suasana asri, tenang dan lokasi yang tidak jauh dari Candi Borobudur menjadikan balkondes Karangrejo sebagai tempat untuk menginap yang menyenangkan dan membangun ekonomi desa di sekitar candi Borobudur. (sdk)

kanal24.co.id Wisata Magelang Balkondes Karangrejo