Bangun Wirausaha Desa, Puluhan Ibu Desa Gondowangi Praktek Usaha Kue

KANAL24 -2019-12-27, 18:00:00 WIB 824 kali

Para peserta antusias membuat kue opak secara langsung (sulton kanal24)

KANAL 24, Malang-Aneka kue dan camilan dari tepung beras menarik Ibu-ibu warga Desa Gondowangi untuk mengikuti Pelatihan Pembuatan Camilan dari Tepung Beras yang diadakan di Balai Desa Gondowangi, Wagir pada hari Kamis (26/12/2019). 

Puluhan ibu-ibu sudah memadati balai Desa Gondowangi sejak jam delapan pagi untuk mengikuti pelatihan pembuatan camilan dari tepung beras seperti kue  opak gambir sebagai  salah satu camilan yang diajarkan kepada ibu-ibu  Desa Gondowangi. 

Pelatihan Pembuatan Camilan Dari Tepung Beras tersebut di isi oleh Abid Afidatul Arinda atau yang kerap disapa Rinda, ia adalah perwakilan dari CV Mahardika Askara Raya. Perempuan berusia 24 tahun itu sangat bersemangat saat mengisi pelatihan, ia juga sabar dan sangat humanis ketika menjawab pertanyaan dan mempraktikan langsung pembuatan camilan Opak Gambir peserta. 

“Bahan tepung beras mudah didapat dan mudah dibuat beragam camilan serta kue yang bisa dijual ke pasar atau online,” kata Rinda.

Rinda memberikan ilmu cara membuat opak kepada warga desa gondowangi wagir (sulton kanal24)

Menurut Rinda para ibu rumah tangga bisa membuat kue dari bahan dasar tepung eras sebagai konsumsi sendiri atau sebagai usaha sampingan yang bisa menambah penghasilan bagi keluarga.

“Namun jika mau dibuat sebagai usaha serius juga bisa secara berkelompok,” lanjut Rinda.

Dalam paparannya Rinda menjelaskan dari mulai pemilihan bahan baku tepung, bahan baku pendukung hingga resep dari pembuatan kue Opak Gambir. Para peserta dengan antuasias mencatat paparan dari Rinda.

Tahap selanjutnya adalah praktek langsung cara membuat kue. Panitia dari Desa Gondowangi sudah menyiapkan dua meja berisi bahan baku, cetakan kue hingga kompor. Dengan dipandu oleh Rinda dan tim para peserta mulai mempraktekkan langsung mulai dari memilih bahan, menimbang hingga proses pembuatan.

Alasan masyarakat di Desa Gondowangi mengadakan pelatihan pembuatan camilan dari bahan dasar tepung beras, hal ini karena mayoritas di desa tersebut adalah petani dan komditas utama adalah padi.  Sehingga produk padi dari hulu hingga hilir dapat dikelola secara mandiri oleh warga desa setempat.(stn)

kanal24.co.id Desa Gondowangi wirausaha desa