Banyuwangi Luncurkan Gerakan Belanja ke Pasar Tiap Tanggal Cantik

KANAL24 -2021-04-05, 08:00:00 WIB 71 kali

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani berbelanja di Pasar Genteng (humasbwi)

KANAL24, Banyuwangi – Untuk mempercepat  pemulihkan ekonomi lokal yang berskala mikro dan kecil, Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, meluncurkan Hari Belanja Pasar Rakyat dan UMKM, Minggu (04/04/2021).

Ribuan karyawan Pemkab Banyuwangi, BUMN, BUMD, swasta, dan berbagai elemen lainnya berbelanja menyebar ke seluruh 15 titik pasar tradisinal se-Banyuwangi dan sejumlah tempat UMKM.

Gerakan tersebut diluncurkan Bupati Ipuk di Pasar Genteng, Banyuwangi dengan memborong berbagai makanan tradisional, pakaian, hingga sayur mayur.

Bupati optimistis program ini akan meningkatkan transaksi keuangan para pelaku UMKM. Program ini l bakal digerakkan setiap bulan. Ipuk memilih tanggal "cantik" setiap bulannya.

"Untuk bulan April ini kita ambil tanggal 4 (4 bulan 4), bulan Mei besok tanggal 5 (5-5), dan seterusnya. Jadi biar semua orang mudah mengingat," kata Ipuk.

Gerakan masif ini dilakukan untuk mendorong perekonomian lebih cepat bergerak. Pemkab Banyuwangi melibatkan ASN, BUMN, BUMD, dan swasta untuk bergerak bersama membeli berbagai barang di pasar tradisional dan UMKM.

"Ribuan orang hari ini yang tergabung dalam gerakan ini tersebar ke seluruh pasar tradisional. Mereka juga ada yang belanja di pasar-pasar kecil dekat rumahnya, juga ada yang berbelanja ke UMKM-UMKM se-Banyuwangi,” tutur Ipuk.

Bupati Ipuk menjelaskan, gerakan ini adalah bagian dari program pemulihan ekonomi arus bawah. Dia menyebut ada tiga langkah yang ditempuh bersamaan.

Pertama, pemberdayaan yang dilakukan melalui sertifikasi, mentoring, dan sebagainya. Kedua, fokus pada penjualan dengan melibatkan seluruh UMKM pada kegiatan Banyuwangi Festival dan peluncuran gerakan belanja ke pasar dan UMKM. Ketiga, menjembatani akses permodalan melalui kerja sama dengan perbankan dan lembaga nonbank.

“Kita jalankan strategi jangka pendek dan panjang. Kalau jangka panjang lewat pemberdayaan, kalau jangka pendek ya bagaimana caranya agar jualan pedagang pasar dan UMKM laku, laku, dan laku. Sehingga hari ini ribuan orang terlibat dalam gerakan ini untuk bikin laris pedagang pasar dan UMKM,” ujarnya.

Sementara Plt. Kepala Dinas Koperasi, Usaha  Mikro, dan Perdagangan Banyuwangi, Nanin Oktaviantie mengatakan, Hari Belanja ke Pasar dan UMKM l ini diikuti tak kurang dari 2.000 orang.(sdk)

kanal24.co.id Banyuwangi gerakan belanja ke pasar Ipuk Fiestiandani
Popular

KANAL24 - 2020-05-03 26471 kali

COVID-19 DAN FITNAH AKHIR ZAMAN

KANAL24 - 2019-07-04 21848 kali

Tujuh Istilah Populer Dalam Tinju

KANAL24 - 2020-02-27 21158 kali

AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

KANAL24 - 2019-08-14 15669 kali

Kenali 10 Istilah Dalam Pramuka