Bentangkan Kain Batik Garuda Nusantara, Menlu Ingin Promosi Batik Gencar

KANAL24 -2020-10-06, 11:00:00 WIB 267 kali

Menlu Retno Marsudi (kemlu)

KANAL24, Jakarta - Sebagai bangsa yang menghormati warisan budaya, kita semua, Pemerintah, pengrajin, pengusaha serta seluruh rakyat Indonesia harus merapatkan barisan untuk pelestarian dan berbagai upaya promosi batik demikian disampaikan Menlu Retno pada sambutannya di perayaan Hari Batik Nasional 2020.

Perayaan ini telah dilakukan secara virtual oleh Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Yayasan Tjanting Batik Nusantara dengan melakukan Pembentangan Kain Batik Garuda Nusantara sepanjang 75 meter (BGN) dan peluncuran sentra batik digital dengan nama KuklikBatik (02/10/2020).


Dalam sambutannya, Menlu RI juga menyampaikan berbagai upaya yang telah dilakukan Kemlu RI dalam diplomasi batik di dunia internasional serta berbagai upaya Kemlu untuk melestarikan batik dan mendukung UMKM batik selama masa pandemi COVID-19.


Adapun Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim pada sambutannya juga menekankan batik sebagai warisan budaya harus selalu dijaga  karena memiliki makna filosofis yang sangat erat dengan kehidupan rakyat Indonesia.


Dalam kegiatan virtual yang disiarkan secara langsung diberbagai platform digital ini, telah pula diluncurkan sebuah aplikasi bernama KuklikBatik, sebuah platform sentra pasar batik digital yang memudahkan masyarakat luas baik di dalam maupun di luar negeri untuk memilih dan membeli batik berkualitas.


Duta Besar RI di Beijing, Canberra, Paris dan Pretoria juga telah berpartisipasi secara live dalam peluncuran aplikasi tersebut dengan memesan batik melalui KuklikBatik. Hadir juga secara virtual dalam kegiatan ini Perwakilan RI di berbagai wilayah di dunia.


Kain Batik Garuda Nusantara merupakan kain batik tulis halus sepanjang 74 meter yang dihiasi dengan berbagai motif batik tradisional Indonesia. Kain ini dipersiapkan oleh puluhan pembatik nusantara selama 12 bulan. 


Pembentangan kain ini serta peluncuran sentra batik digital KuklikBatik diharapkan semakin mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya promosi dan pelestarian batik Indonesia.(sdk)

kanal24.co.id Retno Marsudi hari batik promosi batik batik garuda nusantara