Dari Cinta Kain, NORA Miliki Bisnis Online

KANAL24 -2019-11-07, 16:00:00 WIB 84 kali

Nora (tengah) dari kecintaan terhadap kain lahir bisnis (Mega KANAL24)

KANAL24, Malang - Memiliki kesukaan terhadap kain-kain nusantara, membuat Norayani perempuan asal Kalimantan membuka bisnis online bernama NORA Indonesia. NORA Indonesia menjual kain-kain khas seluruh Indonesia. Mulai dari batik hingga tenun. 

Nora yang ditemui disela-sela acara Expo dan Bazar di Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, mengungkapkan bahwa kain yang Ia jual langsung berasal dari pengrajin. 

“Saya menjual kalau batik ada yang dari Solo, Pekalongan, Madura, Jambi, dan Papua. Sedangkan, untuk kain tenun, saya menjual tenun dari Sumba Timur, Lombok, Bali, dan Medan. Sebenarnya, selain kain nusantara ini saya juga menjual accesoris seperti kalung dari perak,” terangnya.

Perempuan pecinta travelling itu menceritakan, awal mulanya Ia membuka bisnis ini karena kesukaannya terhadap produk-produk nusantara. Awalnya, untuk koleksi pribadi Ia membeli kain dan kalung dari pengrajin langsung. Karena melihat kehidupan para pengrajin yang rata-rata berada dikondisi menengah kebawah, Nora berinisiatif untuk membantu perekonomian para pengrajin yang ditemuinya tersebut dengan membuka bisnis jual kain dan accesoris nusantara.


“Sejak tahun 2015 saya memulai jualan, untuk tenun langsung diambil dari pengrajin. Sedangkan, untuk batik saya punya pengrajin sendiri dari Madura dan Pekalongan, jadi bisa custom batik sendiri untuk dijual. Kebanyakan kalau batik, saya bikin sendiri dan ada permintaan dari pelanggan. Untuk kalung-kalung perak, saya juga punya pengrajin sendiri di Jogja dan untuk tenun, saya juga punya pengrajin sendiri di Sumba Timur,” jelas Nora. 


Batik dan tenun yang diproduksi oleh NORA Indonesia, ada yang menggunakan pewarna alami dari kulit mahoni dan dari teh. Harga batik paling murah mulai dari harga 100 ribu hingga jutaan, sedangkan untuk tenun dengan non pewarna alami dijual dari harga 1 juta dan tenun yang menggunakan pewarna alami dijual dengan harga mulai dari 2,5 juta. Harga ini tergantung dari proses pembuatan, besar kain, kerumitan motif, dan pewarna yang digunakan.


Nora mengatakan bahwa Ia hanya menjual melalui online, sedangkan saat ini merupakan kesempatan bagi customer untuk membeli offline. Ia membuka stand pada expo dan bazar di FP UB yang merupakan pelanggan setia produk-produknya. NORA Indonesia bias dijumpai di Expo dan Bazar FP UB mulai dari tanggal 4-10/11/2019 mendatang. (meg)

kanal24.co.id Nora online bisnis kain lain Nusantara