Desain Kapal Ro-Ro Anti Covid19 Mahasiswa FPIK UB Raih Juara 1 Nasional

KANAL24 -2020-11-10, 11:00:00 WIB 187 kali

Tim IMFISHER 3 FPIK UB (mega kanal24)

KANAL24, Malang - Tim IMFISHER 3 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB) menjadi juara 1 kategori Re-Design Lay Out Ruang Akomodasi Penumpang Kapal Ro-Ro Existing pada Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2020, sabtu (7/11/2020). Tim ini beranggotakan Rafika Aulia Alim (Teknik Industri 2017), M. Zikri Hasnur (Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan 2018), dan Dian Tri Larasati (Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan 2019).

Dihubungi kanal24.co.id, salah satu anggota tim Dian Tri mengatakan timnya mengikuti kategori desain inovasi kapal kesehatan, yang mana salah satu sub kategorinya adalah re-design kapal Ro-Ro atau kapal penumpang. 

Desain kapal Ro-Ro FPIK UB yang mengacu pada protokol covid19 (mega kanal24)

“Kami mendesain ulang kapal Ro-Ro yang dirancang agar mencegah penularan covid-19 di dalam kapal,” Kata Dian Selasa (10/11/2020).
 
Lanjutnya, detail re-design kapal roro dengan standar keselamatan, protokol kesehatan, physical distancing, dan mempertahankan kapasitas penumpang, serta tidak merubah bentuk dan ukuran lambung kapal. Bagian besar dari re-design untuk kapal Ro-Ro dalam kontes ini antara lain penambahan luas ruang akomodasi penumpang dan awak kapal, perubahan tata letak ruangan di kapal, perubahan desain peralatan dan perlengkapan di kapal, penambahan fasilitas pendukung pencegahan penyebaran Covid-19, dan perubahan penerapan tata laksana (SOP) berbagai aktifitas penumpang.

Atas prestasi ini, Dian mewakili timnya berharap agar wabah covid dapat diatasi dan momentum ini dapat menjadi motivasi untuk terus berkembang, berkarya dan membanggakan universitas Brawijaya. (Meg)

kanal24.co.id FPIK UB prestasi mahasiswa ub kontes desain kapal kapal roro kapal anti covid19