Doktor Mengabdi Tiga Fakultas UB Dampingi Bumdes Sekar Abadi

KANAL24 -2020-10-05, 14:00:00 WIB 264 kali

Tim DM UB serahkan laptop untuk mendukung operasional Bumdes Sekar Abadi (mega kanal24)

KANAL24, Malang - Guna melakukan pembinaan dan pendampingan desa dalam mengelola dan mengembangkan kapasitas perekonomian desa. Tim Doktor Mengabdi Universitas Brawijaya, yang terdiri dari Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Komputer, dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam melakukan pengabdian di Desa Sumbersekar, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, sabtu (3/10/2020). 

Pendampingan ini mengambil tajuk berjudul Pelatihan Manajemen Kelembagaan dan Pengembangan Website BUMDes Sekar Abadi di Desa Sumbersekar. Tim Doktor Mengabdi ini dikoordonasi oleh Dr. Mohammad Nuh, yang beranggotakan Prof. Widodo dari MIPA, Candra Dewi, S.Kom, M.Sc, dari FILKOM, Mohammad Said, dan Latifah Hanum. 

Pada kesempatan ini, selain menyampaikan 2 materi untuk pembinaan dan pendampingan desa. Tim DM UB itu juga menyerahkan satu buah laptop sebagai wujud komitmen pembinaan program ini.

Dr. Mohammad Nuh dari FIA UB jelaskan tantangan dan potensi Bumdes (mega kanal24)

“BUMDes diharapkan sebagai lembaga ekonomi desa yang mampu menjadi motor penggerak ekonomi di desa. BUMDes bukan sebagai pesaing bagi usaha masyarakat yang sudah ada, tetapi harus menjadi holding usaha sehingga dapat berumbuh bersama-sama dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa,” terang Nuh saat mengawali pemaparan materinya mengenai Peluang dan Tantangan Perekonomian Desa. 

Pemgembangan BUMDes sebagai lembaga ekonomi yang relatif baru di desa harus dibangun dari kapasitas dan tata kelola kelembagaannya. Kemudian, dalam mendukung pengelolaan usahanya harus berbasis teknologi informasi sehingga penting untuk ketersediaan website termasuk kemampuan mengelolanya. 

“Kedepan BUMDes dapat dikembangkan sebagai media usaha, baik pemasaran, pelayanan, maupun membangun kerjasama dengan lembaga lain dalam membangun jejaring usaha yang tidak hanya lokal tetapi harapannya kedepan sampai level nasional. Lalu, saya berharap dari program ini mampu menciptakan peluang perekonomian desa di tengah-tengah tantangan global. Melalui BUMDes dapat tercipta kemandirian dan keunggulan yang siap berkompetensi secara nasional dan internasional,” pungkasnya. (Meg)

kanal24.co.id BUMDES FIA UB Mipa ub FILKOM UB doktor mengabdi UB sekar abadi