Fisip UB With Book Tingkatkan Atmosfir Akademik

KANAL24 -2021-10-12, 15:00:00 WIB 171 kali

Dekan FISIP UB, Dr. Sholih Mu'adi, SH., M.Si (screenshot zoom)

KANAL24, Malang - Badan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (BP2M) FISIP Universitas Brawijaya menyelenggarakan With Book seri ketiga, Rabu (06/10). Pada seri ketiga ini, Program With Book membedah Buku Karya Dr. Rer. Pol. M. Faishal Aminuddin yang berjudul Pasang Surut Demokrasi (Refleksi Politik Indonesia tahun 1999-2019). Ketua BP2M FISIP UB, Moch Fauzi Said menyampaikan bahwa With Book merupakan program rutin yang dinisiasi oleh Badan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (BP2M) FISIP UB untuk memberikan apresiasi terhadap hasil karya intelektualitas civitas akademika FISIP Universitas Brawijaya. Program With Book juga digagas sebagai sarana meningkatkan kemampuan literasi pada mahasiswa FISIP Universitas Brawijaya.

Sementara itu, sang penulis, Dr. Rer. Pol. M. Faishal Aminuddin menjelaskan Buku Pasang Surut Demokrasi (Refleksi Politik Indonesia tahun 1999-2019), berisi sekumpulan artikel yang berasal dari workshop terbatas yang diselenggarakan oleh The consortium for Indonesian political research (CIPR/P3I). Buku ini memotret pernak-pernik perubahan sosial politik dari berbagai sudut pandang kasus yang diharapkan bisa digunakan melihat potret demokratisasi dalam kurun waktu 20 tahun terakhir. 

“Perjalanan demokrasi Indonesia sejak 1998 adalah tema besar yang diulas dari berbagai sudut pandang titik kajian mengenai parpol dan pemilu, kebebasan pers, isu-isu seputar populisme, politik perempuan, hubungan sipil-militer, gerakan buruh, kampanye politik dan inovasinya, Peradilan Pidana dan problematikanya, ketimpangan ekonomi dan lain-lain merupakan isu isu yang menjadi fokus bahasan, yang kemudian bermuara pada sebuah konklusi dinamika pasang surut dalam transisi demokrasi Indonesia memang terjadi.” terangnya.

With Book yang digelar selama 120 menit tersebut dan dipandu oleh Johan Wahyudi, S.IP., M.A menghadirkan para akademisi dari dalam maupun luar negeri yakni Prof. Wahyu Prasetyawan, Editor Buku sekaligus visiting professor at the Graduate National Institute for Policy Studies (GRIPS) in Tokyo dan Dr. Kamarul Azman Bin Khamis dari International Studies Ghazali Shafie Graduate School of Government, University Utara Malaysia. Serta tak kalah menariknya diskusi dihadiri oleh Arwani Thomafi, Anggota DPR RI dan Sekretaris Jenderal DPP PPP sebagai praktisi. 

Dekan FISIP UB, Dr. Sholih Mu`adi, SH., M.Si mengatakan program With Book ini merupakan program yang sangat baik diinisiasi oleh Badan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (BP2M) FISIP UB. Program ini menjadi bagian penting dari proses penguatan akademik di FISIP UB, khususnya dalam memberikan apresiasi kepada teman-teman dosen yang telah menghasilkan sebuah karya akademiknya dalam bentuk buku. 

“Program With Book kedepan akan memberikan daya dorong yang luar biasa kepada semua civitas akademika FISIP Universitas Brawijaya dalam menghasilkan karya akademik yang berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan,masyarakat dan Negara,” pungkas Sholih. (Meg)

kanal24.co.id FISIP UB bp2m fisip ub fisip with book
Popular

KANAL24 - 2020-05-03 36051 kali

COVID-19 DAN FITNAH AKHIR ZAMAN

KANAL24 - 2020-02-27 29523 kali

AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

KANAL24 - 2019-07-04 26954 kali

Tujuh Istilah Populer Dalam Tinju

KANAL24 - 2019-06-29 23194 kali

20 Istilah Basket Yang Perlu Diketahui

KANAL24 - 2019-08-14 20065 kali

Kenali 10 Istilah Dalam Pramuka