FKH UB Kenalkan Telemedicine Saat Pandemi

KANAL24 -2020-10-08, 14:00:00 WIB 203 kali

Wakil Dekan I FKH UB drh. Dyah Ayu Oktaviani P., M. Biotech (sidik kanal24)

KANAL24, Malang – Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dan juga melayani masyarakat pecinta hewan, Fakultas Kedokteran Hewan UB mengadakan Virtual  Veterinary Festival 2020 secara daring. Mengambil tema peran dokter hewan disaat pandemi acara yang dibuka secara daring pada Kamis (8/10/2020) ini FKH bersama Rumah Sakit Hewan Pendidikan ini salah satunya adalah mengadakan pelayanan telemedicine kepada para pemilik hewan.


Wakil Dekan I FKH UB drh. Dyah Ayu Oktaviani P., M. Biotech dalam sambutanya mengatakan bahwa kegiatan Veterinary Festival tahun sudah memasuki tahun keempat dan menjadi festival yang berbeda karena dilaksanakan secara daring.


“Tahun ini merupakan festival tahun ke 4 dan dilaksanakan secara daring. Ada beberapa kegiatan seperti lomba fotografi, lomba video dan pelayanan kesehatan dalam bentuk telemedicine,” kata drh Dyah.

Beragam kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan untuk mengenalkan Fakultas Kedoteran Hewan UB dan juga sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat sekitar kampus UB Dieng dan kepada masyarakat luas lainnya. Terutama kegiatan telemedicine yang merupaan kreatifitas mensiasati kondisi pandemi. Telemedicine bagi pemilik hewan ini diadakan secara gratis alias tidak dipungut biaya. 

Video salah satu fasilitas Rumah Sakit Hewan Pendidikan UB (sidik kanal24)


Menurutnya walaupun dilaksanakan secara daring namun telemedicine tetap dilaksanakan dengan tetap mematuhi kode etik dokter hewan dan juga sesuai dengan protokol kesehatan.


“Saya berharap kepada semua panitia untuk tetap melakukan kegiatan ini sesuai kode etik, prosedur walaupun dilaksanakan secaar jarak jauh. Namun jika ada pasien hewan yang membutuhkan tindakan tetap dapat dilakukan secara fisik,” lanjutnya. 


Hal senada juga disampaikan oleh Ketua PDHI Jatim 2 drh. Dedi Fakhrudin yang menekankan kepada semua panitia agar selalu memegang teguh kode etik dalam pelaksanaan telemedicine.


“Telemedicine merupakan kreatifitas saat pandemic, namun sebetulnya bukan hal baru. Saya menekankan agar teman-teman di UB tetap mengacu kepada kode etik dokter hewan dalam pelaksanaanya agar berjalan lancar,” kata Dedi.


Untuk mensukseskan Virtual Veterinary Festival secara daring ini panitia juga menyiapkan kanal khusus melalui website FKH UB, akun instagram agar masyarakat umum dan komunitas pecinta hewan dari berbagai daerah dapat mengikuti semua rangkaian festival. (sdk)

kanal24.co.id FKH UB virtual veterinary festival 2020 telemedicine pecinta hewan