FPIK UB Bagikan Tips Kuliah di Eropa

KANAL24 -2021-10-21, 13:00:00 WIB 141 kali

Heidi Retnoningtyas berbagi tips kuliah di Jerman (screenshot zoom)

KANAL24,Malang – Progam Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB) mengadakan kuliah tamu 3 In 1 Marine Sience Study Progam Webinar Series 2 “Study in Europe” pada Sabtu (18/10/2021) secara daring. Webinar ini menghadirkan  3 narasumber yakni  Muhammad Irlan Assidiq K.Ramadhan alumni FPIK yang sedang menempuh S2 di Belgia, Indri Novitasari penganggung jawab Capus France  wilayah Surabaya dan Heidi Retnoningtyas.

Heidi Retnoningtyas yang mendapatkan beasiswa DAAD/ Deutscher Akademischer Austauschdients (German Academic Exchange Service) sedang mengambil PhD di Jerman tepatnya di Institute of Aquaculture and Sea-Ranching, University of Rostock membagikan kisahnya.

“DAAD sendiri merupakan lembaga penyedia beasiswa bagi siapa saja yang berkeinginan untuk kuliah di Jerman, ujarnya.” Ia menambahkan jika beasiswa DAAD ini bisa untuk S2, S3, dan juga beasiswa untuk alumni DAAD dimana yang dianggap alumni merupakan orang yang sebelumnya pernah mengikuti course/ pelatihan.

Heidi menjelaskan jika beasiswa ini menyediakan kursus bahasa bagi pendaftar yang diterima. “Bagi teman-teman yang ingin kuliah di Jerman, kemampuan bahasa tidak menjadi syarat mutlak terutama jika progamnya sendiri berlangsung dalam bahsa Inggris,” tambahnya. 

Di samping itu, ada banyak fasilitas yang diperoleh jika mendaftar beasiswa ini diantaranya mendapat asuransi kesehatan, living allowance selama kursus Bahasa Jerman di Jerman, subsidi keluarga (untuk pasangan dan anak), subsidi sewa tempat tinggal (untuk sewa bulanan dan untuk deposit), subsidi kursus Bahasa Jerman (untuk diri sendiri dan pasangan), printing allowance, dan travel allowance/ perjalanan tanpa keluarga.  

Sebagai mahasiswa S3, menurutnya yang pertama dan paling utama untuk kuliah di Jerman adalah menemukan professor/ supervisor yang bersedia menerima mahasiswa sebagai mahasiswa bimbingan. 

“Semua universitas di Jerman sama bagusnya karena sistemnya seragam, masalahnya ada atau tidak professor yang bersedia menerima, tambahnya.” Heidi juga mengatakan jika seseorang yang kuliah di Jerman tidak harus terdaftar di universitas, tetapi seseorang itu hanya membutuhkan universitas untuk mengeluarkan ijazah.

Dalam kesempatan terpisah ketua panitia 3 in 1 Marine Study Rarasrum Kasitowati menjelaskan webinar ini diadakan sebagai jembatan informasi bagi mahasiswa FPIK UB yang ingin meneruskan studi di kampus Eropa. 

“Webinar ini special karena kami hadirkan narasumber yang kompeten dan sedang menempuh study di Eropa sehingga mahasiswa dapat bertanya langsung mengenai berbagai hal untuk melanjutkan studi disana,” kata Raras. (val)

kanal24.co.id FPIK UB tip kuliah di eropa
Popular

KANAL24 - 2020-05-03 36052 kali

COVID-19 DAN FITNAH AKHIR ZAMAN

KANAL24 - 2020-02-27 29529 kali

AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

KANAL24 - 2019-07-04 26954 kali

Tujuh Istilah Populer Dalam Tinju

KANAL24 - 2019-06-29 23196 kali

20 Istilah Basket Yang Perlu Diketahui

KANAL24 - 2019-08-14 20065 kali

Kenali 10 Istilah Dalam Pramuka