Indonesia Masuk 10 Besar Negara Tujuan Investasi dan Bisnis Pascacorona

KANAL24 -2020-05-18, 07:00:00 WIB 45 kali

Ilustrasi (sidik kanal24)

KANAL24- Jakarta - Sangat sedikit eksekutif yang dapat memperkirakan virus SARS Cov-2 (COVID-19) yang berasal dari China akan menyebabkan kehancuran ekonomi dunia pada tahun 2020. Hanya empat bulan setelah laporan kasus pertama muncul di Wuhan, lebih dari tiga juta kasus telah dikonfirmasi secara global, dan kerusuhan ekonomi eksponensial pun terjadi.


Pandemi itu mungkin dapat memangkas pertumbuhan ekonomi global hingga 2% sementara perdagangan global diperkirakan akan merosot hingga 32%, menurut Badan Riset Kongres AS.


Ketidakpastian pasar saham dan bisnis yang mengalami tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, tanpa diketahui kapan puncak krisis kesehatan ini terjadi, menjadi teka-teki kapan waktu yang tepat untuk mulai berinvestasi.


Namun, untuk lokasi investasi, CEOWORLD telah merilis daftar 10 negara dengan peluang terbaik untuk berinvestasi atau melakukan bisnis pada tahun 2020, pasca COVID-19.


CEOWORLD lewat studinya menganalisa 80 negara berdasar lingkungan bisnis dan investasi. Korupsi, kebebasan, tenaga kerja, perlindungan investor, infrastruktur, pajak, kualitas hidup, birokrasi dan kesiapan teknologi adalah beberapa faktor yang dipertimbangkan.


Dan, tak perlu kaget, Singapura menduduki daftar teratas untuk edisi 2020 sebagai negara yang paling menarik bagi investor dan pebisnis.


Inggris berada di peringkat kedua diikuti oleh Polandia, Indonesia dan India; namun, penting untuk dicatat bahwa hasilnya tidak mempertimbangkan pandemi saat ini dan segala dampak krisis kesehatan terhadap perekonomian.


Secara komparatif, Iran berada di peringkat ke-80 dalam daftar, tepat di bawah Saint Lucia, Dominika, Grenada, Saint Kitts dan Nevis, dan Antigua dan Barbuda.
Berikut 10 negara paling menjanjikan untuk investasi dan bisnis 2020, seperti dilansir theceomagazine.com:


1. Singapura
Negara kota ini dinobatkan sebagai negara terbaik untuk berinvestasi atau melakukan bisnis pada tahun 2020 dengan skor total 86,087.

2. Inggris
Inggris menawarkan peluang terbaik berikutnya bagi investor dengan skor total 84,494.

3. Polandia
Mungkin ini tidak terduga bagi banyak orang, Polandia menjadi salah satu tempat teratas untuk investasi, berperingkat tinggi untuk potensi pasar dan kerangka kerja kelembagaan.

4. Indonesia
Indonesia, kokoh di 4 besar dengan skor total 82,978.

5. India
Negara Asia Selatan ini mendapat nilai tinggi dalam kerangka kelembagaan diikuti oleh pendidikan dan penelitian.

6. Australia
Dengan skor total 82,305, negara benua itu tampil baik di semua sektor termasuk pendidikan dan penelitian, potensi pasar, dan keterbukaan perdagangan.

7. Filipina
Digambarkan sebagai pusat teknologi di Asia (percaya?, negara ini mencetak tempat terbaik ketujuh bagi pebisnis.

8. Amerika Serikat
Walaupun negara ini memiliki jumlah kasus virus korona terkonfirmasi terbanyak di dunia, negara ini masuk dalam 10 besar negara terbaik untuk berinvestasi pada tahun 2020 - sebelum COVID-19 menyapu dunia.

9. Malaysia
Negara Asia kelima yang masuk 10 besar mencatat skor total 81.021, memberikan yang terbaik dalam kerangka kelembagaan.

10. Republik Ceko
Negara Eropa tengah yang terkurung daratan ini berhasil masuk 10 besar tempat terkemuka bagi investor untuk tahun ini. (sdk)

kanal24.co.id Investasi Covid19