Ini Dia Program Unggulan Calon Dekan FISIP

KANAL24 -2020-06-24, 11:00:00 WIB 172 kali

Kampanye hari ke 2 calon dekan FISIP UB (Mega KANAL24)

KANAL24, Malang - Rangkaian kegiatan Pemilihan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UB terus berlanjut, selasa (23/6/2020) digelar Kampanye terbuka secara daring sesi 2. Di hadapan kurang lebih 60 partisipan asal jurusan Psikologi, Sosiologi, Prodi Ilmu Pemerintahan, tendik, dan perwakilan mahasiswa, 2 calon dekan FISIP UB Dr. Sholih Mu’adi, SH., M.Si. dan Anang Sujoko, S.Sos., M.Si., D.COMM memaparkan program-program unggulannya.


Kanal24.co.id telah merangkum apa saja program-program unggulan yang ditawarkan oleh masing-masing calon dekan fakultas jingga itu.


Program unggulan Calon Dekan nomor urut 1, Dr. Sholih Mu’adi, SH., M.Si 

1. Kemandirian pengelolaan fakultas berupa mendorong jurusan menjadi jurusan yang mandiri.

2. Bingkai penguatan kelembagaan dan peningkatan SDM dengan mengembangkan unit kerja lain, meningkatkan SDM dosen dengan mendorong dosen yang belum studi S3 untuk melanjutkan studinya, dan mengembangkan senat fakultas agar lebih mandiri serta dapat melakukan improvisasi sebagai pengontrol kegiatan.

3. Tertib pagu jurusan, yaitu jurusan akan mendapatkan pagu yang sesuai dengan dokumen yang telah disepakati bersama dari hasil rapat kerja.

4. Acuan instrumen akreditasi 9 standar, yakni semua kegiatan fakultas harus mengacu pada instrumen akreditasi 9 standar begitu pula dalam peningkatan SDM (benchmarking).

5. Penataan infrastruktur yang harus sesuai dengan standar akreditasi, membangun ruang publik untuk meningkatkan interaksi antar dosen di masing-masing jurusan, ruang tamu representatif, ruang galeri, ruang transisi guru besar, unit kesehatan mahasiswa (UKM) sebagai fasilitas pemeriksaan awal bagi mahasiswa yang sakit bahkan juga dapat mengeluarkan surat keterangan dokter apabila mahasiswa tidak dapat masuk kelas karena sakit sehingga dapat langsung ditangani.

6. Program kampus merdeka dan merdeka belajar dengan penataan kurikulum yang dimungkinkan agar mahasiswa dapat belajar lintas jurusan dan fakultas. 


Program Unggulan Calon Dekan nomor urut 2, Anang Sujoko, S.Sos., M.Si., D.COMM.
 

1. FISIP for Doctor, yakni memfasilitasi dosen-dosen yang masih S2 untuk segera melanjutkan pendidikan ke jenjang S3, dengan prioritas bagi dosen-dosen muda bisa meraih S3 nya di luar negeri, sebagai upaya untuk membuka wawasan yang lebih luas, sehingga dosen akan memiliki daya kreasi yang lebih tinggi dalam membimbing atau mengajar mahasiswanya.

2. Outbound merdeka untuk dosen adalah memberi kesempatan bagi dosen untuk melakukan kegiatan mengajar di luar UB. Keuntungannya adalah tentu bisa memperluas networking dan untuk meningkatkan wacana. 

3. Outbound pintar untuk tendik, berorientasi kepada peningkatan skill dari tenaga kependidikan FISIP, baik soft skill maupun hard skill yang akan dipadu sebagai bagian dari proses bisnis di FISIP.

4. Hibah Jurnal Sinta, adalah bagaimana jurnal yang ada di FISIP harus terindeks Sinta, minimal Sinta 3. 

5. FISIP gets Professor. Mendukung semua dosen lektor kepala dengan menyediakan tendik atau asisten dalam rangka untuk membantu lektor kepala di bagian administratif teknis. 

6. Skripsi Merdeka. Program dengan menggunakan metode penelitian performance riset sehingga membuat mahasiswa enjoy meski masih dalam suasana ilmiah. Menawarkan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengambil jalur skripsi by project, sebagai upaya untuk mempersingkat studi mahasiswa.(meg)

kanal24.co.id FISIP UB Pemilihan Dekan FISIP UB Program Unggulan