Jelang Libur IHSG masih Bisa Menguat

KANAL24 -2020-07-30, 06:00:00 WIB 55 kali

ilustrasi saham (harian sumatra)

KANAL24, Jakarta - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diperkirakan berbalik arah menuju target resistance terdekat di level 5.172, setelah kemarin berakhir di zona merah dengan pelemahan sebesar 0,04 persen ke level 5.111.


Menurut analis PT Binaartha Parama Sekuritas, Muhammad Nafan Aji Gusta Utama, sejauh ini indikator MACD masih menunjukkan sinyal positif, sedangkan indikator Stochastic maupun RSI berada di area netral.


"Di sisi lain, terlihat pola hammer candle yang mengindikasikan adanya potensi penguatan pada pergerakan IHSG, sehingga indeks berpeluang menuju level resistance terdekat," ucap Nafan, di Jakarta, Kamis (30/7/2020).


Berdasarkan rasio fibonacci, kata Nafan, saat ini IHSG sedang berupaya untuk bertahan di atas level support 4.975, sedangkan target resistance terdekat yang akan digapai berada di posisi 5.172.
Dengan demikian, jelas dia, perkiraan terjadinya technical rebound pada laju IHSG hari ini tersebut bisa disikapi investor dengan mengakumulasi pembelian saham BSDE, GIAA, GJTL, JSMR, KRAS dan PTBA.


Perkiraan senada disampaikan analis PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk (RELI), Lanjar Nafi Taulat Ibrahimsyah, yang menyebutkan bahwa pergerakan IHSG sedang mencoba untuk berbalik ke zona hijau dalam upaya menembus level resistance 5.150.


"Secara teknikal, IHSG bergerak cenderung tertahan dan moderat pada level support Moving Average 20-Day (MA20) yang menjadi support konfirmasi pergerakan selanjutnya," kata Lanjar.


Namun, lanjut dia, sejauh ini pergerakan IHSG masih cukup kuat bertahan pada tren bullish jangka menengah. Indikator Stochastic bergerak moderat pada area middle oscillator dengan momentum flat yang mengiringi pergerakan moderat tersebut.


"Sehingga, pada perdagangan selanjutnya laju IHSG berpotensi mencoba untuk menguat dan kembali menguji Moving Average 5-Day, dengan support-resistance di level 5.065-5.150," ujar Lanjar.
Adapun saham yang direkomendasikan Reliance Sekuritas untuk perdagangan hari ini adalah AALI, LISP , SIMP, ADRO, GGRM, HMSP, ICBP, JSMR dan SMGR.(sdk)

kanal24.co.id IHSG Berita Saham Saham Pilihan Hari ini