Kearifan Lokal Sumber Ide Berita

KANAL24 -2019-08-13, 14:00:00 WIB 1392 kali

Conten Creative kanal24 memberikan materi cara menulis berita untuk operator web desa Tulungagung (fajar for KANAL24)

KANAL24, Tulungagung - Kearifan lokal dan keragaman budaya lokal merupakan potensi berita yang memiliki nilai keunikan tinggi. Di era banjir informasi ini justru berita dengan conten local banyak dicari. 

Hal tersebut disampaikan oleh Creative Content kanal24.co.id Sidik pada workshop menulis berita kepada para operator web desa se Kecamatan Bandung Tulungagung Selasa (13/8/2019).

"Bisa dilihat YouTube film pendek Ngapak misalnya banyak dimintati karena local content nya tinggi," kata Sidik. 

Kepada 16 operator web desa Sidik menyampaikan bahwa di desa sumber tulisan banyak sekali mulai dari kegiatan desa, prestasi warga, pelaku UKM Hinga hal-hal yang bersifat religi dan tradisi. 

Dalam materi workshop alumni Fia ini mencotohkan tradisi bersih desa di salah satu desa Tulungagung yang menyajikan nasi gurih, ayam lodho dan jenang abang bisa menjadi berita menarik. 

"Menulis nasi gurih misalnya atau jenang abang bisa menjadi berita kuliner menarik karena khas nya tinggi," lanjut Sidik. 

Keragaman kuliner di tiap desa Tulungagung merupakan sumber berita yang tidak habis untuk digali. 

Dirinya memberi tips kepada para operator desa agar mau menulis rutin. Salah satunya dengan membuat target pribadi untuk menulis. 

Dalam workshop ini peserta mempraktekkan langsung ilmu penulisan dan dipandu editing oleh narasumber.

Acara wokshop ini merupakan salah satu upaya pemerintah kabupaten Tulungagung melalui kecamatan untuk meningkatkan kemampuan operator desa sebagai ujjng tombak menulis berita dari desa untuk website tulungagungdaring.id. (sdk)

kanal24.co.id Tulungagung operator desa desa daring