Khofifah Setujui Usulan Pahlawan Nasional Kiai Cholil

KANAL24 -2020-09-09, 13:00:00 WIB 100 kali

Kiai Cholil Bangkalan (bangkitmedia)

KANAL24, Surabaya - Anggota DPRD Jawa Timur R Nasih Aschal mengaku bersyukur dan mendukung bahwa surat usulan pengajuan gelar kepahlawanan bagi Syaichona Muhammad Cholil (Kiai Cholil), Bangkalan, Madura sudah disetujui oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Menurut dia, lewat surat balasan dari Pemprov Jatim menyatakan bahwa Khofifah mendukung usulan gelar pahlawan tersebut.

 
"Alhamdulillah Melalui surat Dinsos kabupaten Bangkalan sudah dijawab Gubernur bahwa provinsi mendukung usulan gelar pahlawan," katanya Ra Nasih yang juga  mewakili pihak keluarga di konfirmasi, Selasa (8/9/2020) seperti dijelaskan dari Kominfo Jatim.

 
Dia mengatakan, setelah ada lampu hijau dari Khofifah, maka Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Kepahlawanan (TP2GK) bersama dengan Pemerintah Kabupaten Bangkalan akan segera melengkapi berkas untuk menyodorkan ke pemerintah pusat. Diharapkan, pada tahun depan, usulan tersebut bisa segera dijawab oleh pemerintah pusat. "Ditargetkan usulan ini bisa masuk tahun ini dan tahun depan November bisa diterima atau tidak," tambahnya.

 
Seperti diketahui, TP2GK bersama Pemerintah Kabupaten Bangkalan terus melengkapi berkas pengajuan gelar kepahlawanan bagi Syaichona Muhammad Cholil (Kiai Cholil) Bangkalan, Madura.TP2GK yang terdiri dari instansi Dinsos, Bangkesbangpol, Balitbangda, Dinas Pendidikan, Dinas perpus dan arsip, pihak keluarga Syaichona, ahli hukum, dan budayawan terus mengumpulkan data-data kepahlawanan guru pendiri Nahdlatul Hadratus Syaikh Hasyim Asyarai.
 

Dia mengatakan, mewakili pihak keluarga dan keturunan Syaichona Cholil, R Nasih Aschal mengatakan, berkas dan data yang dihimpun ditargetkan harus rampung sebelum November 2021. "Karena di tiap bulan November kita memperingati hari pahlawan, kalau tahun ini sudah tidak memungkinkan," tambahnya.
 

Dikatakan Nasih, Kiai Cholil sangat layak memperoleh gelar pahlawan. Pasalnya, rekam jejaknya dalam memperjuangkan kemerdekaan sangat jelas dan tidak ada yang meragukan. Dia berharap agar pemerintah bisa mengabulkan usulan tersebut, karena akan berdampak luas bagi masyarakat Madura. "Sejarah perjuangan Syaichona Cholil terekam begitu kiat ketika pergerakan santri beliau mendapatkan gelar pahlawan dan berjasa memperjuangkan kemerdekaan," tandasnya.

 
Ditambahkan dia, selain Syaichona Cholil, sebenanrya tim TP2GK juga mengusulkan nama Trunojoyo untuk masuk dalam daftar pahlawan nasional.(sdk)

kanal24.co.id Khofifah pahlawan nasional jatim Kiai Cholil Bangkalan