Kirangan Karya Mahasiswa FP UB, Sabet Best Short Film

KANAL24 -2020-03-22, 11:00:00 WIB 417 kali

Personel Kirangan pada ajang Agriculture Short Film di UGM (mega kanal24)

KANAL24, Malang - Tujuh mahasiswa Universitas Brawijaya berhasil membawa pulang penghargaan Best Agricultural Short Film pada ajang Agriculture Engineering Week 2020. Perlombaan ini di gelar pada 12-14/3/2020 lalu di Jogja National Museum. Agriculture Engineering Week 2020 merupakan ajang 2 tahunan yang diselenggarakan oleh PERMATETA (Perhimpunan Mahasiswa Teknologi Pertanian) Universitas Gajah Mada (UGM).

Ketujuh mahasiswa tersebut adalah Lugas Rumpakaadi (Produser), Fadel Irfan (Sutradara, Screenwriter, dan aktor), Puput Fatmala (Desainer Grafis), Dhewangga Arie Syaputra (Aktor dan Soundman), Farrad Zidane (Director of Photography), Yahya Haryanto (Aktor utama), dan Achmad Khalid (Aktor dan Kameramen). Mereka merupakan mahasiswa jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya.

“Film pendek ini kami beri judul Kirangan. Tema yang diangkat adalah pertanian karena menyesuaikan tema besar lombanya, yaitu JAVANICA: Di Balik Tanah yang Makmur. Untuk pembuatan film pendek ini kami lakukan pada akhir bulan Desember 2019 tepatnya setelah libur Natal,” ujar Lugas kepada kanal24.co.id, jumat (20/3/2020).

Lanjutnya, film ini menceritakan tentang kerja keras pemuda desa yang bekerja sebagai buruh tani bersama ibunya, untuk bisa membantu menghidupi keluarganya. Kemudian, ada tawaran bekerja dari warga desa lain yang bisa meningkatkan taraf hidupnya. Namun, usahanya itu kelak harus dibayar mahal, karena saat bekerja di tempat lain, ibunya yang sedang sakit akhirnya meninggal dunia.

Mahasiswa-mahasiswa kreatif itu merupakan pembuat film dari Tim Coco Film (anak usaha The Coco Post Indonesia, startup media milik Lugas tersebut.

“Kami senang bisa mengikuti perlombaan tersebut. Pasalnya, film Kirangan ini adalah karya film pendek perdana kami yang dilombakan. Selain itu, kami juga dapat belajar untuk menunjukkan permasalahan di sektor pertanian lewat karya film pendek. Pastinya kami juga mendapat pengalaman dan ilmu baru sebagai modal kedepan untuk memproduksi film pendek yang lebih berkualitas, karena kami ingin membesarkan Coco Film dan induknya,” pungkasnya.

Bagi kamu yang penasaran dengan film “Kirangan”, kamu bisa melihatnya di https://www.youtube.com/watch?v=bqo-keATMLY .(meg)

kanal24.co.id FP UB Film Pendek Coco Film