Kurban di FK UB Terapkan Protokol Kesehatan

KANAL24 -2020-07-29, 15:00:00 WIB 153 kali

Fakultas Kedokteran UB rencanakan kurban dengan protokol kesehatan ketat (mega kanal24)

KANAL24, Malang - Perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah tahun ini memang berbeda karena berlangsung di masa Pandemi Covid-19. Tentunya, ibadah Shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban harus dilaksanakan sesuai protokol kesehatan. Seperti yang akan dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK UB) pada hari sabtu (1/8/2020) mendatang. Kepada kanal24.co.id, Ketua Panitia kegiatan Idul Adha FK UB, dr. Rivo Yudhinata Brian Nugraha, M.Biomed mengatakan bahwa FK UB tidak melakukan penyembelihan sendiri seperti biasanya. Melainkan bekerjasama dengan tim khusus yang menyediakan hewan sekaligus layanan sembelih dan pengemasan. 

“Jadi, di tim khusus ini jumlah petugas terbatas dan para petugas telah terbiasa menangani prosesi penyembelihan hewan kurban. Untuk lokasi penyembelihan dilakukan di daerah Dampit dengan akses terbatas. Lalu, daging yang telah dikemas selanjutnya di kirim ke fakultas untuk didistribusikan oleh petugas dengan menggunakan APD (masker, faceshield, sarung tangan),” terang Rivo, rabu (29/7/2020).

Lanjutnya, proses pembagian dilaksanakan di halaman Gedung Pendidikan Bersama FK UB dengan sistem drive thru sehingga tidak menimbulkan kerumunan masa. Selain itu, petugas juga akan mengantar daging kurban ke pihak-pihak yang membutuhkan.

Pada Hari Raya Idul Adha tahun ini, FK UB menyembelih 4 ekor sapi dan 9 ekor kambing. Panitia juga menyediakan sekitar 450 kupon yang diberikan kepada kalangan civitas akademika fakultas dan universitas serta masyarakat luar yang membutuhkan.

“Pembagian hewan kurban juga menjadi aktivitas penting untuk ketahanan pangan pada masa pandemi. Harapan kami, dalam merayakan Idul Adha, menyelenggarakan penyembelihan, melaksanakan sunnah, dan berbagi dengan orang yang membutuhkan pada masa pandemi sekarang ini supaya dapat dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan,” tandasnya. (Meg)

kanal24.co.id FK UB fakultas kedokteran ub Kurban di saat Covid19 Kurban 2020