Lima Fakta Pemilihan “Nakhoda” FISIP UB 2020

KANAL24 -2020-06-29, 10:00:00 WIB 231 kali

Dua Calon Dekan Fisip UB (mega kanal24)

KANAL24, Malang – Selasa 30 Juni 2020 besok pemilihan Dekan FISIP UB untuk memilih pengganti Prof. Unti Ludigdo akan dilaksanakan mulai pukul 08.30-12.30. proses yang dimulai sejak ahir Februari 2020 besok akan mencapai puncaknya dan akan diketahui siapa yang akan menadi nakhoda FISIP UB periode selanjutnya. Berikut kanal24.co.id merangkum 5 fakta terkait pemilihan Dekan FISIP UB.

1.    Pemilihan Tertunda Karena Pandemi Covid19
Pemilihan Dekan Fisip sebetulnya sudah dimulai sejak ahir februari lalu dan direncanakan pada ahir maret sudah ada proses pemilihan. Namun pandemi covid19 yang melandadi Indonesia sejak awal maret dan adanya satu mahasiswa UB yang terkena covid19 ada pertengahan maret membuat proses pemilihan yang sudah masuk pada pendaftaran calon ditunda. Tidak hanya itu karena hingga april kondisi kampus UB masih tutup, posisi Dekan Fisip UB kemudian di plt kan dari Prof. Unti Ludigdo kepada Prof. Abdul Hakim yang juga Wakil Rektor III.

2.    Diikuti oleh Dua Calon Dekan
Pemilihan dekan fisip UB hingga masa ahir pendaftaran ditutup hanya terdapat dua pendaftar. Setelah dinyatakan berkasnya lengkap oleh panita, pada tanggal 17 juni 2020 kedua calon mengambil nomor urut. Dr. Sholih Mu’adi, SH., M.Si. mendapat nomor urut satu dan Calon Dekan nomor urut dua Anang Sujoko, S.Sos., M.Si., D.COMM 

3.    Kampanye Daring
Pandemi covid19 merubah cara kampanye para calon dekan fisip UB. Kampanye yang dilaksanakan dua kali pada 22-23 Juni dilaksanakan secara daring melalui aplikasi meeting. Dua calon memaparkan program unggulan masing-masing dihadapan peserta kampanye yang terdiri dari perwakilan program dan jurusan yang ada di Fisip, Dosen dan mahasiswa. Walaupun tidak ada kampanye tatap muka namun materi yang disampaikan oleh para calon cukup mendapat apresiasi dari para peserta kampanye.

4.    Panitia Siapkan TPS Drive Thru
Karena alasan kesehatan panitia pun menata TPS tidak seperti biasa. Dalam keterangannya kepada kanal24.co.id. Ketua Panitia Juwita Hayyuning menjelaskan panitia menyiapkan 3 TPS yang terdiri dari dua TPS konvensional dan satu TPS drive thru. TPS drive thru ini memungkinkan pemilih tidak perlu turun dari kendaraan serta meminimlkan terjadinya kontak fisik dengan panitia.

TPS drive thru ini juga menjadi TPS pertama yang ada pada pemilihan dekan dilingkungan UB. Selain TPS panitia juga sudah menyiapkan perlatan sesai dengan standar kesehatan dimasa pandemi covid mulai dari masker, handsanitizer dan lainnya.

5.    Jumlah Pemilih 164 Suara
Calon Dekan Fisip UB pada tahun 2020 ini harus bisa meyakinkan kepada 164 pemilih yang terdiri dari para dosen dan 3 pejabat struktural dari unsur tenaga kependidikan. Total suara 164 inilah yang akan menentukan wajah fisip UB selanjutnya pada selasa 30 Juni 2020.

TPS akan dibuka sejak pukul 08.30 hingga 12.30 dan penghitungan suara akan dilakukan pada pukul 13.30 hingga selesai.(sdk)

kanal24.co.id FISIP UB Pemilihan Dekan FISIP UB Juwita Hayyuning Prastiwi