Perkuat Layanan BI Luncurkan Chatbot LISA

KANAL24 -2020-11-10, 09:00:00 WIB 78 kali

Ilustrasi layanan LISA (BI)

KANAL24, Jakarta  - Bank Indonesia (BI) meluncurkan layanan chatbot LISA (Layanan Informasi Bank Indonesia) melalui aplikasi Whatsapp, Line Messenger, dan Facebook Messenger. Chatbot LISA merupakan layanan operasional robot dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent (AI) yang menirukan percakapan manusia melalui pesan teks.


Peluncuran chatbot LISA merupakan inovasi layanan informasi publik yang dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh informasi terkait BI. Hal itu disampaikan Deputi Gubernur BI, Doni Primanto Joewono, dalam peluncuran chatbot LISA secara virtual pada hari ini (9/11). Menurutnya, BI akan terus berkomitmen untuk menjadi lembaga publik yang menjunjung tinggi transparansi dalam memberikan layanan informasi.


"Chatbot LISA menjadi kanal baru dalam diseminasi informasi publik Bank Indonesia, untuk saat ini terkait Kurs Bank Indonesia, Perizinan QR Code Indonesian Standard ( QRIS ), Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI (UPK 75 RI), informasi debitur, serta layanan Contact Center BICARA 131 lainnya," ungkap Doni dalam keterangannya, Senin (9/11/2020).


Dijelaskannya bahwa layanan chatbot 24 jam selama setiap hari dapat diakses melalui Whatsapp Messenger pada nomor 081131131131 dan dengan menambahkan @bank_indonesia pada layanan Line Messenger.

 "Layanan chatbot Facebook Messenger Bank Indonesia dapat diakses di luar jam operasional BICARA 131, pada Senin-Jumat di luar jam 08.00-16.00 WIB dan Sabtu-Minggu selama 24 jam," pungkasnya. (sdk)

kanal24.co.id Bank Indonesia LISA layanan bank indonesia