Perkuat Sinergi, Alumni Harus Balik Kandang

KANAL24 -2019-10-27, 07:00:00 WIB 1318 kali

John Pantauw Ketua FAP (Mega KANAL24)

KANAL24, Malang - Alumni harus kembali ke kampus. Demikian yang diungkapkan oleh Ketua Umum Forum Alumni Pengairan (FAP) Jurusan Teknik Pengairan FT UB, Dr. Ir. John Pantauw MS, pada Musyawarah Nasional 2 FAP Sabtu  (26/10/2019).


Munas ini merupakan sinergi dari alumni dengan alumni, alumni dengan mahasiswa, dan alumni dengan jurusan atau kampus. 

“Kita sinergikan agar kinerja alumni menjadi lebih baik. Kita punya konektivitas sehingga hubungan kerja antar alumni menjadi tercapai kemudian alumni bisa memberikan pengalamannya kepada mahasiswa. Alumni bisa memberikan masukan-masuka kepada jurusan mengenai perkembangan di luar. Sehingga jurusan tau apa yang diperlukan di luar,” terang John.


Lebih lanjut, fakultas sangat berharap banyak, karena peran alumni sekarang makin terasa. Mulai dari kegiatan magang dan perekrutan. Peran alumni dalam konektivitas aktifitas untuk akreditasi menjadi salah satu hal yang diperlukan. Kalau tidak berperan nilai akreditasi turun, sehingga alumni harus dimanfaatkan betul untuk kembali ke kampus, inilah salah satu tujuan daripada FAP.


Sumbangsih alumni kepada kampus biru ini, juga disampaikan oleh John. Seperti, pemberian beasiswa, bantuan laboratorium modern mulai dari alat ukur, frezer untuk water hammer,  juga diberikan dengan harapan alumni semakin tergerak. 

Hari Suprayogi (tengah) terpilih menjadi ketua FAP pada munas 2019 (Mega KANAL24)


“Peran alumni, juga sudah merambah di pemerintahan, contoh untuk di Kementerian PUPR saja, Dirjen SDA dari kita. Dulu hanya mengenal ITB dan UGM, sekarang mungkin 50 persen dari Brawijaya dan Pengairan. Di SDA mulai dari eselon 1, 2, balai-balai, dan satker banyak dari pengairan. Semua pembangunan bendungan, PLTA, PLTN, pasti ada alumni Brawijaya khususnya pengairan,” jelasnya.


Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Pelaksana Munas, Ir. H. Peter Frans. Menurutnya, dengan diadakannya acara ini alumni diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap kampus. Karena, bagaimanapun juga alumni merupakan bagian dari kemajuan kampus sehingga nantinya, antara alumni, kampus, dan mahasiswa dapat menjadi satu sinergi yang kuat dan lebih baik di tahun berikutnya.
Mengusung tema Solidaritas Menyongsong 50TH Pengairan Emas. Acara ini untuk menyambut Dies Natalies emas jurusan yang telah berdiri sejak 1976 itu. 


“Kita ingin lebih siap untuk mengenalkan teknik pengairan ke level nasional. Karena sekarang jurusan teknik pengairan yang didirikan oleh Prof. Suyono ini, alumninya sekarang ada yang menjadi Dirjen SDA, yakni Pak Hari Suprayogi yang merupakan alumni angkatan 1977,” pungkas Peter. (meg)

kanal24.co.id FT UB Munas Pengairan Alumni UB