Rencana IPO Anak Usaha Pertamina Masih Lama

KANAL24 -2020-06-30, 08:00:00 WIB 42 kali

Dirut Pertamina Nicke Widyawati (indopetro)

KANAL24, Jakarta - Wacana anak-cucu PT Pertamina melakukan IPO (Initial Public Offering) di bursa saham dipastikan masih lama terealisasi. Pasalnya saat ini manajemen masih melakukan studi dan pendalaman untuk menentukan perusahaan mana yang bisa di-go public-an.


Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menegaskan bahwa rencana IPO itu tidak serta merta dilakukan apabila belum ada kajian yang mendalam apalagi sampai melepas saham. Dirinya membantah kalau dalam waktu dekat Pertamina akan melantai di bursa.


"Saat ini kita sedang proses restrukturisasi. Enggak serta merta langsung diIPO apalagi dibilang Pertamina mau melepas saham, itu masih jauh sekali. Setelah restrukturisasi, tahap berikutnya adalah profitisasi," kata Nicke di DPR yang disiarkan secara virtual, Senin (29/6/2020).


Menurut Nicke, proses go public Pertamina masih panjang dan tahapannya tidak mudah. Ia mengakui IPO adalah salah satu opsi untuk mencari pendanaan. Namun, ada opsi pendanaan lain yang saat ini ditempuh Pertamina seperti penerbitan global bond atau cara lainnya. Nicke juga menegaskan bahwa pihaknya tidak akan sembarangan dalam melepas saham anak perusahaan. Menurut dia, segalanya akan dikaji secara detail


"Kita juga tak ingin melakukan pelepasan saham Pertamina di anak, cucu, cicit kalau kemudian tidak optimal secara value karena harus ada tahapan profitisasi dulu," pungkas Nicke.(sdk)

kanal24.co.id IPO Pertamina Nicke Widyawati