Secara Daring Mahasiswa FKG Tuai Berprestasi

KANAL24 -2020-09-05, 09:00:00 WIB 116 kali

Secara daring para mahasisiwa FKG UB ini raih prestasi (mega kanal24)

KANAL24, Malang - Meski masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, ajang tahunan Dentistry Scientific Festival (DSE) 11th Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya (FKG UB) tetap berlangsung secara daring, sabtu (29/8/2020). Rangkaian lomba nasional ini diikuti oleh mahasiswa FKG Kampus Biru itu.

Dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaaan FKG UB drg, Miftakhul Cahyati, SpPM, terdapat empat cabang perlombaan yang seharusnya diselenggarakan yaitu lomba literature review, lomba cerdas cermat, lomba dental olympic, dan lomba poster publik. Akan tetapi untuk tahun ini, karena terhambat pandemi maka lomba dental olympic ditiadakan. Sehingga hanya tiga cabang lomba yang diselenggarakan melalui aplikasi Zoom

Ketua panitia lomba DSE 2020, Arifandy Irfan Zidan kepada kanal24 mengatakan tujuan diadakannya perlombaan ini adalah untuk mewadahi mahasiswa klinik dan preklinik FKG se Indonesia untuk berkreasi dan berinovasi. 

"Kami mahasiswa FKG UB ingin menjalin hubungan baik dengan mahasiswa FKG lainnya yang ada di seluruh Indonesia," katanya.

Cabang lomba Literature Review merupakan lomba uraian tentang teori, temuan, dan bahan penelitian lain yang diperoleh dari sumber terpercaya seperti jurnal, buku, maupun, sumber resmi lain untuk dijadikan landasan kegiatan penelitian. Lomba literature review sendiri diikuti oleh dari berbagai universitas di seluruh Indonesia. Pada babak penyisihan diikuti oleh 19 kelompok dan selanjutnya disaring menjadi 5 kelompok di babak final. Dalam pelaksanaan babak penyisihan, peserta mengirimkan abstrak karyanya dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris untuk dipilih 5 abstrak terbaik. Selanjutnya finalis harus mengirimkan full paper beserta powerpoint  literature reviewnya. 

Sedangkan, lomba Cerdas Cermat, pada babak penyisihan terdapat 30 kelompok dan selanjutnya disaring menjadi 5 kelompok. Model penyisihan grandfinal dari lomba LCC ini yaitu menggunakan metode kuis pada penyisihan awal dan nantinya akan tersaring menjadi 3 kelompok. Setelah itu dilakukan kuis essay untuk penyisihan terakhir menentukan 3 juara. 

Sementara untuk lomba Poster Publik, pada babak penyisihan terdapat 18 kelompok poster yang siap bersaing.  Setelah melalui babak penyisihan dewan juri memilih 5 karya terbaik untuk masuk ke babak grand final.

Baca juga:

BEM Kedokteran Gigi Bahas Dampak Covid19 Terhadap Kinerja Dokter

Adapun daftar pemenang lomba DSE 11th 2020 sebagai berikut:
Lomba Cerdas cermat
Juara 1:
Mikail, Sammy Fajar Nugraha, Mahira Aviandiva.
Juara 2:
Savira Nurazky Yuniar, Regina Nadya Aurellia Darmawan, Aina Salsabiela.
Juara 3:
Muhammad Auzan, Indah Dwi Lestari, Indah Qorizah.

Lomba Literature Review
Juara 1:
Almira Avissa, Vania Khairunnisa Arianti, Eky Purbaningtyas.
Juara 2:
Ma’rifah, Hilda Febrina
Juara 3:
Faisal Fikri Hakim, Muhammad Rheza Fahlevi, Banna Wicaksono Alkha Saiputra.

Lomba Poster Publik 
Juara 1:
Hanatashya Tania, Devin Hendrawan, Irene Okta Wardani.
Juara 2:
Dimas Kelvin Jonathan H., Fadhilla Khairunnisa, Farah L. Adiba.
Juara 3:
Laila Rahma Milenia, Nia Damayanti, Farhan Jordan Akbar. (Meg)

kanal24.co.id Kedokteran Gigi UB FKG UB Prestasi Mahasiswa DSE