Tim Aerokreasi FT UB Sabet Harapan 1 Kontes Robot Terbang Kemendikbud

KANAL24 -2020-11-09, 15:30:00 WIB 164 kali

Pesawat besutan Tim Aerokreasi mahasiswa FT UB (mega kanal24)

KANAL24, Malang - Pandemi Covid-19 tidak menghalangi mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya untuk terus berkreasi dan berprestasi. Baru-baru ini, Tim Aerokreasi FT UB berhasil menyabet juara harapan 1 Divisi Racing Plane pada Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2020 yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada 23-31 Oktober 2020 kemarin. 

Tim Aerokreasi FT UB sendiri terdiri dari M. Abdurrochman sebagai ketua tim sekaligus elektrik, M. Rafly Endria sebagai manufaktur, dan Julius Ronaldo Bethanov sebagai pilot juga elektrik dibawah bimbingan Dr. Eng. Moch. Agus Choiron, ST. MT.

Mahasiswa yang biasa disapa Abdur  kepada kanal24.co.id mengatakan untuk spesifikasi pesawat yang dilombakan dari segi design, yaitu wingspan 1.3m, panjang body 1.1m, berat kosong 1.5kg, dan  berat takeoff 2.2kg. Sedangkan dari segi elektrik motor 1600KV, baterai lipo 5200mah 22.2V, esc 100A. Sementara dari segi manufaktur untuk fuselage berbahan depron lapis komposit fiber ditambah carbon, sayap foam lapis komposit fiber ditambah carbon.

Tim Aerokreasi FT UB 2020 (mega kanal24)

“Dikarenakan Covid-19, regulasi lomba sedikit berbeda. Apabila pada tahun-tahun sebelumnya track memiliki panjang 700 m, sekarang track diubah menjadi berbentuk angka 8. Jadi, pesawat memiliki waktu 3 menit untuk terbang membentuk angka 8 sebanyak-banyaknya dalam modus full auto. Kemudian landing manual dalam jangka waktu 1 menit,” papar mahasiswa Teknik Mesin tersebut.

Imbuhnya, pelaksanaan lomba ini dilakukan di daerah Raci Pasuruan. Abdur mengatakan sedikit kesusahan dalam mempersiapkan tempat lomba dan kebutuhan yang diperlukan tiap peserta karena panitia meminta peserta menyiapkan secara mandiri.

Meski begitu, Abdur berharap ke depannya riset armada lomba bisa lebih ditingkatkan agar nantinya Tim Aerokreasi dapat menjadi juara 1 di KRTI 2021.

“Target selanjutnya dari Tim Aerokreasi adalah mendapat podium di kategori Racing Plane, Fixed Wing, dan Technology Development pada KRTI 2021 mendatang,” tandasnya. (Meg)

kanal24.co.id FT UB prestasi mahasiswa ub Teknik Mesin UB kontes robot terbang indonesia Tim Aerokreasi