Turunkan 4 TIM, UB Raih Juara Umum 2 Mobil Hemat Energi

KANAL24 -2019-09-29, 12:00:00 WIB 2126 kali

Tim FT UB meraih juara 1 kategori urban MTD etanol dalam KHME 2019 (doc. ft ub)

KANAL24, Malang - UB berhasil meraih juara umum 2 pada gelaran Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2019. Wakil dekan bidang kemahasiswaan teknik UB, Dr.Eng. Ir. Denny Widyanuriyawan, ST., MT kepada kanal24 mengatakan bahwa ada dua tim teknik UB yang menyabet juara 1. 
“Untuk Ontrack, dua tim UB mendapat juara 1 pada proto diesel (Apatte Elang Perkasa Team 3 dengan capaian 381,687 km/L) dan Urban Ethanol (Apatte Elang Perkasa Team 4 dengan capaian 272,855 km/L),” papar Denny minggu (29/9/2019)
Selain juara 1, tim teknik UB juga mendapatkan juara 3 untuk kelas urban listrik (Apatte Elang Perkasa Team 1 dengan capaian 140,286 km/kWh) sekaligus tim urban listrik tersebut juga mendapat juara 2 pada eco race.


Menurut Denny, masing-masing tim mempunyai karakteristik tersendiri, sehingga bisa mencapai perolehan juara tersebut. 
“Untuk kelas prototype diesel dan urban listrik sebelumnya juga pernah mengikuti kompetisi nasional maupun internasional. Namun, untuk urban ethanol baru kali ini turun di kompetisi dan Alhamdulillah bisa mendapat juara 1,”jelasnya.
Lebih lanjut, sementara untuk prototype listrik kali ini belum beruntung hanya di peringkat 4 meskipun capaiannya sama dengan yang di peringkat 3. Menurut Denny, UB kalah dicapaian waktu saja.

pada kelas MTD Urban Solar tim FT UB juga meraih juara 1 (doc. ft ub)


Mahasiswa yang terlibat pada perancangan hingga finishing mobil-mobil tersebut sebanyak 30 mahasiswa dan yang turun di KMHE ada 4 tim. Mahasiswa-mahasiswa tersebut merupakan gabungan mahasiswa jurusan mesin dan elektro FT UB. Kolaborasi inilah yang menjadi semangat kebersamaan dan kekompakan sehingga mampu menjadi juara. Latihan yang cukup sering dilakukan baik di stadion kanjuruhan maupun di kampus 2 UB Dieng.
“Harapan kita capaian-capaian ini masih terus kita evaluasi untuk ditingkatkan inovasi-inovasi yang bisa meningkatkan capaian lebih hemat dan cepat tentunya. Karena, kami sedang mempersiapkan untuk gelaran selanjutnya yakni SEM Asia 2020 di Malaysia yang pendaftarannya sudah dibuka,”pungkasnya. (meg)

kanal24.co.id kontes mobil hemat energi KMHE FT UB