Turunkan Lima Pakar IT, Filkom UB dan Bumdes Kembangkan Toko Online Sumbersekar Mart

KANAL24 -2020-10-05, 08:00:00 WIB 262 kali

Pakar IT Filkom UB latih Toko Online Bumdes Sumbersekar (mega kanal24)

KANAL24, Malang - Desa berdaya kota berjaya. Istilah ini bisa disematkan kepada Desa Sumber Sekar yang terletak di Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Desa ini tengah berbenah untuk menjadi desa yang mandiri dan produktif, salah satunya dengan membentuk Badan Usaha Masyarakat Desa (BUMDes) Sekar Abadi. Sebagai agen bisnis di desa, dengan hadirnya BUMDesa ini diharapkan dapat meningkatkan potensi usaha masyarakat setempat melalui pemanfaatan teknologi pemasaran berbasis online. 

Oleh sebab itu, Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) Universitas Brawijaya melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat melakukan kegiatan pengembangan website sumbersekar-mart.com sebagai sarana promosi dan pemasaran secara online. Kegiatan ini berlangsung pada sabtu (3/10/2020) bertempat di BUMDesa Sekar Abadi. 

Terdapat lima pakar IT dari FILKOM yang melakukan pengabdian pada sabtu kemarin, yaitu Bayu Rahayudi, S.T, M.T sebagai ketua, serta Candra Dewi, S.Kom, M.Sc, Wayan Firdaus Mahmudi, S.Si., M.Kom., Ph.D, Agus Wahyu Widodo, S.T., M.Cs. dan Drs. Muh Arif Rahman, M.Kom sebagai anggota. Dalam pengembangan website ini juga melibatkan mahasiswa Praktik Kerja Lapang agar mereka dapat mempraktekkan ilmu yang diperoleh selama belajar di Filkom-UB. 

Program ini berkolaborasi dengan program Doktor Mengabdi Universitas Brawijaya yang melakukan kegiatan pelatihan manajemen dan penguatan kelembagaan BUMDes. Diharapkan, dari kegiatan pemberdayaan masyarakat ini dapat berkelanjutan dan kedepannya menjadi program desa binaan.

“Disamping pengembangan website, kami juga melakukan pelatihan dan pendampingan pengelolaan website bagi tenaga administrator yang ditunjuk oleh BUMDes. Kami sangat senang karena peserta tampak sangat antusias akan adanya website sumbersekar-mart.com. Diharapkan dengan adanya website ini, unit usaha dari BUMDes akan semakin berkembang,” tandas Bayu. (Meg)

kanal24.co.id Pengabdian Masyarakat FILKOM UB Desa Sumber Sekar toko online