KANAL24, Batu – Maraknya pemasaran melalui internet menjadikan pelaku UKM harus pandai membuat jejak digital dan kata kunci produknya agar mudah dicari oleh calon pembeli.
Pernyataan tersebut disampaikan oleh Zaenal Arifin Founder Neo Handcraft pada Diskusi Publik Tantangan Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0, Minggu (20/6/2021).
“Ada tiga hal yang mendasar bagi pelaku UKM ketika melakukan pemasaran di internet yang muaranya adalah membangun jejak digital,” kata Zaenal.
Tiga hal tersebut adalah riset kata kunci, penempatan kata kunci dan lakukan optimasi. Kata kunci memegang peranan penting sebagai pembuka ketika calon pembeli mengetik kata dalam situs pencarian. Zaenal mencotohkan salah satu rekannya yang fokus pada bisnis batako motif yang memiliki kata kunci unik sehingga mudah dicari oleh calon konsumennya.
“Untuk memilih katanya memang dibutuhkan riset sesuai dengan produk dan pangsa pasar yang akan dibidik,” lanjutnya.
Sependapat dengan Zaenal, Kasie Pengembangan UKM Kota Batu Andry Yunanto, SE. MSA juga menjelaskan bahwa saat ini dengan kondisi pandemic dan pembatasan aktifitas UKM di Kota Batu memerlukan strategi baru dalam melakukan promosi lewat internet.
“Saat ini dengan kunjungan wisatawan yang menurun berdampak pula terhadap pelaku UMKM. Banyak pelaku UMKM terdampak hingga tutup sehingga perlu strategi marketing baru untuk mensiasatinya.
Andry menyebut pengunaan internet sebagai pendukung UMKM perlu di lakukan saat ini dengan UMKM membangun jejak digital yang positif dan massif di dunia maya agar calon pembeli tetap menjadika UKM Kota batu sebagai salah satu prefensinya. (sdk)