Yuk, Kenali Galeri Investasi di FIA UB

KANAL24 -2020-11-18, 14:00:00 WIB 195 kali

Ketua Galeri Investasi FIA UB Dr. Nur Imamah beserta Sekretaris GI Dewi Noor Fatikhah R (mega kanal24)

KANAL24, Malang – Sejak dilaunching pada Hari Pahlawan 10 November 2020 kemarin,  Galeri Investasi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB) menambah ruang pembelajaran baru bagi civitas akademik UB yang ingin belajar tentang saham dan pasar modal. Pendirian Galeri Investasi FIA UB ini bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) dan MNC Sekuritas.

Lalu, apa saja fasilitas yang disediakan oleh Galeri Investasi FIA UB ini ?

Kanal24.co.id menemui Ketua GI FIA UB Dr. Nur Imamah, S.AB, M.AB, Ph.D dan sekretaris Dewi Noor Fatikhah Rokhimakhumullah, S.E., M.S.A., Ak., CA, selasa (17/11/2020) di ruang Galeri Investasi, Gedung E Lantai 1 FIA UB.

Nur Imamah menjelaskan ada dua fasilitas yang disediakan, yakni berdasarkan kegiatan dan berdasarkan bentuk fisiknya. Pertama, fasilitas kegiatan yang disediakan adalah pembentukan kelompok studi pasar modal, pembuatan website dan media sosial (IG, dll) galeri investasi, edukasi internal dan eksternal tentang pasar modal, studi banding untuk mempelajari galeri investasi yang lebih dulu terbentuk dan tentunya studi banding ke BEI. Kegiatan lain yang juga masuk kedalam program kerja yaitu rangkaian kegiatan seminar nasional pasar modal, berhubungan dengan pasar modal luar negeri untuk menambah wawasan, national stock lab competition, dan yang tak kalah pentingnya adalah pelatihan pasar modal syariah. 

Pelatihan pasar modal di Galeri Investasi FIA UB (mega kanal24)

“Untuk kegiatan-kegaiatan ini kita mengacu pada partner kita yakni BEI dan MNC Sekuritas. Ada harapan besar lain dari kita yaitu pelatihan dan ujian sertifikasi pasar modal. Nantinya, sertifikasi ini tidak saja secara umum tetapi juga secara khusus, contohnya sertifikasi pasar modal syariah,” kata Imamah.

Sedangkan untuk fasilitas fisik, tentunya ada standard yang harus dipenuhi seperti penyediaan beberapa PC baik untuk pelayanan kepada user maupun untuk menampilkan aktifitas pasar modal dan berbagai kegiatan GI FIA UB. Selain itu, kepengurusan harian galeri investasi ini sementara dibantu oleh 7 mahasiswa yang mayoritas berasal dari prodi administrasi bisnis konsentrasi manajemen keuangan. Jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan meningkatnya aktiftas Galeri Investasi kedepan.

“Harapan saya tentunya dari program kegiatan yang kita rencanakan dapat terealisasi semua dan yang terpenting adalah edukasi kepada mahasiswa tentang pentingnya investasi dan sarana yang kita sediakan. Karena masih dalam masa pandemi, aktifitas yang masih berjalan adalah webinar nasional,” jelasnya.

Senada dengan pernyataan ketua GI FIA UB, Dewi Noor menambahkan bahwa sebelum dilaunching, GI FIA UB sudah melakukan kegiatan yang bekerja sama dengan MNC Sekuritas terkait pembelajaran virtual trading di bulan agustus kemarin. Ada kemungkinan dalam waktu dekat selain akan digelar webinar nasional juga dilakukan kembali virtual trading tahap 2.  

“Saya berharap dengan adanya galeri ini bisa menjadi wadah untuk mahasiswa khususnya mahasiswa FIA UB belajar tentang pasar modal. Diharapkan mahasiswa dengan mudah mengakses segala informasi yang terkait dengan pasar modal supaya kita bisa melakukan edukasi ke mahasiswa, dosen, dalam lingkup kecil. Kemudian kita juga bisa melakukan edukasi yang lebih luas ke masyarakat,” tandasnya. (Meg)

kanal24.co.id MNC sekuritas FIA UB pasar modal galeri investasi nur imamah investor pemula