Unit Kegiatan Mahasiswa Wirausaha (UKM MW) mengembangkan kewirausahaannya melalui kantin di Creative Land Universitas Brawijaya. Mereka mendirikan ZozoLand, sebuah gerai yang menjual berbagai jajanan unik. Kantin ini diinisiasi oleh mahasiswa Universitas Brawijaya.
Kantin kreatif besutan mahasiswa ini dinaungi oleh Unit Bisnis UKM MW Brawijaya. Bisnis kuliner yang diwadahi oleh MW ini sudah ada sejak tahun 2017. Sampai sekarang, unit bisnis ini masih berdiri. Saat pandemi 2020, Zozoland terdampak dan harus terpaksa menutup gerainya.
Kantin yang menjual jajanan ringan ini terletak di Lantai 2 Kantin Creative Land Universitas Brawijaya. Kantin ini dijaga langsung oleh mahasiswa. Waktu operasional Zozoland yaitu setiap hari kerja. “Kami buka dari jam 11.00 siang sampai 4.30 sore,” tutur Penanggung Jawab Zozoland, Bunga. Ia mengatakan bahwa beberapa anggota UKM MW secara bergilir menjaga gerai Zozoland.
“Antusiasme mahasiswa ramai ke booth saat booth sudah didekor menarik,” jelas Bunga. Ia mengatakan seiring dengan kebijakan kuliah hybrid UB, Pengunjung gerai Zozoland meningkat. Mereka banyak yang berbelanja dan juga hanya sekadar ngobrol bersama.
Bunga mengatakan bahwa puncak ramainya pengunjung Zozoland terjadi saat bulan Mei 2022. Ia bersama temannya berusaha mendekorasi gerainya dan juga menciptakan menu makanan yang bervariasi. Dikutip dari Instagram @zozoland.id, mereka menawarkan menu jajanan rujak cireng, donat bomboloni, ice cream dan masih banyak lagi.
Terkait pemasaran, Zozoland mengusahakan dengan akun instagram. Bunga bersama timnya berusaha menaikkan brand awareness Zozoland melalui sosial media itu. “Syukurnya dengan promosi di IG orang-orang jadi tahu Zozoland sih,” kata Bunga.
Seperti diketahui bahwa mayoritas makanan yang dijual di kantin Creative Land UB adalah makanan berat. Bunga dan teman-temannya berusaha mengambil bagian dengan menjual cemilan serta makanan ringan. “Dari situ kita ambil keputusan jual cemilan aja,” tutur mahasiswa FIA UB angkatan 2020 ini.
Terkait pembaharuan menu, Zozoland secara rutin mengubah dan menambah menunya per kuartal. Setiap kuartal, mereka mengganti menu makanan yang dijualnya. Hal ini guna menghilangkan rasa bosan bagi pengunjung Zozoland.
Zozoland masih akan terus menjadi ikon kewirausahaan bagi mahasiswa. Selain sebagai unit bisnis, harapannya Zozoland dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa untuk terus mengembangkan jiwa kewirausahaannya. (raf)