Kanal24, Malang – Fashion berkualitas tidak selalu tentang produk dengan harga yang begitu mahal. Baheera.co, merupakan salah satu UMKM yang ikut memamerkan produk-produknya di UMKM Vaganza. Keunikan atau ciri khas dari tema yang dimiliki oleh brand lokal Baheera.co ini adalah mengangkat konsep fashion ramah lingkungan menggunakan bahan goni.
Konsep fashion ramah lingkungan berangkat dari keinginan Rata Nanda selaku Owner dari Baheera.co untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mengurangi sampah khususnya sampah plastik. Seperti yang diketahui, sampah khususnya sampah plastik yang biasa digunakan untuk berbelanja, hanya digunakan sekali lalu terbuang sebagai sampah yang sulit terurai. Maka dari itu Baheera.co memiliki opsi lain seperti tas belanja dengan design modern sehingga produk yang dihasilkan dapat dipakai berulang kali.
Varian Produk Pouch Baheera.co (Arsy/Kanal24)
Produk-produk yang ditawarkan oleh Baheera.co meliputi tas, pouch, dan sling bag. Semua produk terdiri dari bermacan ukuran dan memiliki suatu keunikan yaitu Baheera.co menawarkan custom nama pada setiap produk sesuai keinginan pembeli sehingga produk-produk yang dibeli oleh pelanggan dapat terkesan ekslusif hanya untuk pembeli tersebut.
Produk dari Baheera.co memiliki harga berkisar antara 35 ribu rupiah hingga 150 ribu rupiah.
Untuk pemasaran, Baheera.co mengandalkan platforn online seperti instagram dan shopee. Dan untuk offline store, calon pembeli dapat mengunjungi Jl. Ciliwung, Belimbing, Malang. Brand dengan omzet standar 30-40 juta ini hanya bermodalkan 5 karyawan dan pengrajin-pengrajin freelance.
Mengikuti UMKM Vaganza merupakan salah satu strategi Baheera.co untuk meningkatkan eksistensi Brand-nya kepada masyarakat dan mengenalkan fashion ramah lingkungan kepada masyarakat. “Harapannya lebih banyak acara UMKM seperti ini lalu dapat banyak dukungan dari KEMENDIKDA sehingga kami menjadi antusias dan saling mengenal dan bisa langsung bertemu pembeli” ujar Rata. (ars)