Ummat islam adalah sebagai ummat terbaik dengan wibawa tinggi pada awal sejarahnya. Kewibawaan ummat islam disebabkan dua hal yaitu karena ummat ini telah membawa nama besar islam dan ide islam yang agung dan mulia, kedua karena ummat ini sebagai ummat muhammad yang dimuliakan oleh Allah dengan berbagai banyak kemuliaan dibandingkan ummat ummat lainnya.
Kemuliaan ummat ini semakin sempurna karena lebih dari 1000 tahun mampu menunjukkan kewibawaannya sebagai perubah dan pusat sejarah dunia. Islam yang dibawa oleh nabi muhammad mampu membalikkan sejarah dari kekuasaan dua super power pada masa itu, Romawi dan Persia, menjadi islam. Semenjak Nabi Muhammad dan para sahabatnya, islam mampu menjadi pusat sejarah dunia. Baik dibidang keyakinan keagamaan, pemikiran, ilmu pengetahuan, semangat pengembangan untuk kehidupan yang lebih baik dan sebagainya. Hingga kemudian islam terus masuk ke jantung romawi dan persia serta mampu mengalahkan keduanya, sehingga islam mampu tampil sebagai penguasa militer yang amat sangat disegani. Demikian pula mampu menembus dinding Eropa dan menguasainya selama hampir 800 tahun baik melalui kekuasaan politik serta penguasaan ilmu pengetahuan hingga Eropa menjadi pusat ilmu pengetahuan dan peradaban dunia pada saat itu dibawah naungan daulah islam bani umayyah ( tambahan: ย islam masuk ke Eropa tahun 705 oleh khalifah al walid dari bani umayyah dibawah pimpinan panglima Tharif bin malik. Islam keluar dari Eropa pada tahun 1492 sebagai ujung akhir kekuasaan Islam di sana di bawah dinasti Ahmar).ย
Era kejayaan Islam di Eropa melalui kegemilangan pencapaian ilmu pengetahuan saat itu mampu memberikan inspirasi dan perubahan signifikan bagi dunia ilmu pengetahuan dan peradaban ummat manusia dengan menjadikan islam sebagai pusat peradaban dunia dan trend setter dalam kehidupan. Namun dalam perkembangan selanjutnya kaum muslimin mengalami kemunduran dalam karya dan berpikir sejalan dengan kemenangan kalangan “barat” dalam pertempuran ideologi dengan strategi “ghazwul firk” atas ummat Islam. Hingga berujung pada lemahnya pemahaman muslim atas konsepsi agamanya dan menurunnya rasa percaya diri ummat islam atas keagungan dan keunggulan konsepsi agamanya atas konsepsi siapapun yang ada di muka bumi ini.
Sejalan dengan hal tersebut diatas ummat islam menganggap bahwa konsepsi selain islam lebih unggul hingga melemahkan keyakinan atas agamanya dan berakhir dengan hilangnya kewibawaan ummat islam kemudian merasa tunduk pada konsepsi lainnya sekalipun ummat ini adalah kelompok mayoritas, hal ini karena pada dada ummat telah tertanam penyakit “wahn”, yaitu cinta dunia dan takut mati. Sebagaimana sabda Nabi ย :
ุนููู ุซูููุจูุงูู ููุงูู ููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู -ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู - ยซ ูููุดููู ุงูุฃูู ูู ู ุฃููู ุชูุฏูุงุนูู ุนูููููููู ู ููู ูุง ุชูุฏูุงุนูู ุงูุฃูููููุฉู ุฅูููู ููุตูุนูุชูููุง ยป. ููููุงูู ููุงุฆููู ููู ููู ูููููุฉู ููุญููู ููููู ูุฆูุฐู ููุงูู ยซ ุจููู ุฃูููุชูู ู ููููู ูุฆูุฐู ููุซููุฑู ูููููููููููู ู ุบูุซูุงุกู ููุบูุซูุงุกู ุงูุณูููููู ููููููููุฒูุนูููู ุงูููููู ู ููู ุตูุฏููุฑู ุนูุฏููููููู ู ุงููู ูููุงุจูุฉู ู ูููููู ู ููููููููุฐูููููู ุงูููููู ููู ูููููุจูููู ู ุงูููููููู ยป. ููููุงูู ููุงุฆููู ููุง ุฑูุณูููู ุงูููููู ููู ูุง ุงูููููููู ููุงูู ยซ ุญูุจูู ุงูุฏููููููุง ููููุฑูุงููููุฉู ุงููู ูููุชูย
Dari Tsauban, ia berkata bahwa Rasulullahย shallallahu โalaihi wa sallamย bersabda, โHampir saja para umat (yang kafir dan sesat, pen) mengerumuni kalian dari berbagai penjuru, sebagaimana mereka berkumpul menghadapi makanan dalam piringโ. Kemudian seseorang bertanya,โKatakanlah wahai Rasulullah, apakah kami pada saat itu sedikit?โ Rasulullah berkata,โBahkan kalian pada saat itu banyak. Akan tetapi kalian bagai sampah yang dibawa oleh air hujan. Allah akan menghilangkan rasa takut pada hati musuh kalian dan akan menimpakan dalam hati kalian โWahnโ. Kemudian seseorang bertanya,โApa itu โwahnโ?โ Rasulullah berkata,โCinta dunia dan takut mati.โย (HR. Abu Daud no. 4297 dan Ahmad 5: 278)
Hilangnya kewibawaan ummat ini menjadikan ummat lainnya merasa lebih hebat dan lebih berkuasa dari pada ummat islam sekalipun jumlah mereka jauh lebih sedikit dibandingkan dengan ummat islam yang mayoritas. Hal demikian disebabkan karena mereka telah benar-benar mengetahui dan menyadari bahwa sekalipun mereka bertindak mendhalimi kaum muslimin yang mayoritas mereka berkeyakinan bahwa ummat islam tidak akan berani melakukan perlawanan dan kalaupun melakukan perlawanan maka dipastikan pula bahwa kaum muslimin akan kalah. Mengapa demikian? ย Hal ini karena ummat islam sedang sibuk dengan dirinya sendiri, dengan banyaknya pertikaian dan permusuhan di kalangan kaum muslimin, terlebih pula para tokoh ummatnya telah “terbeli” dengan sejumlah materi dan kekuasaan hingga akhirnya mereka “membebek” pada selain kepentingan ummat. Beberapa isu yang menjadi transaksi kepentingan dan kemudian berdampak pada melemahnya keyakinan ummat antara lain isu tentang toleransi, pluralisme, liberalisme dsb.
Kasus doa bersama antar umat beragama, pembacaan doa oleh yang berbeda keyakinan, pembacaan shalawat di gereja adalah bagian dari sekian banyak kasus tentang keberhasilan atas isu-isu tersebut di atas. Sementara islam mengajarkan bahwa toleransi haruslah diwujudkan kepada siapapun saja selama tidak menyentuh wilayah keyakinan, seperti dalam hal mu’amalah, dan hubungan sosial kemasyarakatan lainnya. Namun apabila terkait dengan masalah keyakinan atau aqidah maka islam memiliki sikap tegas. Sebagaimana digariskan tentang konsep toleransi islam dalam quran surat al kaafiruun, lakum diinukum waliyadiin. Alquran memberikan informasi yang sangat indah tentang persoalan toleransi ย sebagaimana berikut ย :
ููุง ููููููุงููู ู ุงูููููู ุนููู ุงูููุฐูููู ููู ู ููููุงุชููููููู ู ููู ุงูุฏููููู ููููู ู ููุฎูุฑูุฌููููู ู ู ููู ุฏูููุงุฑูููู ู ุฃููู ุชูุจูุฑูููููู ู ููุชูููุณูุทููุง ุฅูููููููู ู ุฅูููู ุงูููููู ููุญูุจูู ุงููู ูููุณูุทูููู (8) ุฅููููู ูุง ููููููุงููู ู ุงูููููู ุนููู ุงูููุฐูููู ููุงุชููููููู ู ููู ุงูุฏููููู ููุฃูุฎูุฑูุฌููููู ู ู ููู ุฏูููุงุฑูููู ู ููุธูุงููุฑููุง ุนูููู ุฅูุฎูุฑูุงุฌูููู ู ุฃููู ุชููููููููููู ู ููู ููู ููุชููููููููู ู ููุฃููููุฆููู ููู ู ุงูุธููุงููู ูููู (9)
โAllah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawanmu orang-orang yang memerangimu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu, dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu. Dan barangsiapa menjadikan mereka sebagai kawan, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.โ (QS. Al Mumtahanah: 8-9)
Ayat ini mengajarkan tentang prinsip toleransi, yaitu bahwa setiap muslim boleh berbuat baik pada siapa saja selama tidak ada berkaitan dengan hal agama atau keyakinan (aqidah). Sebagaimana ditegaskan oleh Ibnu Jarir AthThobariย rahimahullahย dalam tafsirnya mengatakan bahwa bentuk berbuat baik dan adil di sini berlaku kepada setiap agama. Sementara non muslim dan musuh islam mencoba menawarkan konsep toleransi dalam bentuknya sharing keyakinan dan ibadah (liberalisme dan pluralisme) sebagaimana yang ditawarkan oleh kafir quraisy kepada Nabi muhammad oleh al Walid bin Mughirah, Al โAsh bin Wail, Al Aswad Ibnul Muthollib, dan Umayyah bin Khalaf menemui Nabiย shallallahu โalaihi wa sallam, mereka menawarkan pada beliau,
ูุง ู ุญู ุฏ ุ ููู ูููุนุจุฏ ู ุง ุชุนุจุฏ ุ ูุชุนุจุฏ ู ุง ูุนุจุฏ ุ ููุดุชุฑู ูุญู ูุฃูุช ูู ุฃู ุฑูุง ููู ุ ูุฅู ูุงู ุงูุฐู ุฌุฆุช ุจู ุฎูุฑุง ู ู ุง ุจุฃูุฏููุง ุ ููุง ูุฏ ุดุงุฑููุงู ููู ุ ูุฃุฎุฐูุง ุจุญุธูุง ู ูู . ูุฅู ูุงู ุงูุฐู ุจุฃูุฏููุง ุฎูุฑุง ู ู ุง ุจูุฏู ุ ููุช ูุฏ ุดุฑูุชูุง ูู ุฃู ุฑูุง ุ ูุฃุฎุฐุช ุจุญุธู ู ูู
โWahai Muhammad, bagaimana kalau kami beribadah kepada Tuhanmu dan kalian (muslim) juga beribadah kepada Tuhan kami. Kita bertoleransi dalam segala permasalahan agama kita. Apabila ada sebagaian dari ajaran agamamu yang lebih baik (menurut kami) dari tuntunan agama kami, kami akan amalkan hal itu. Sebaliknya, apabila ada dari ajaran kami yang lebih baik dari tuntunan agamamu, engkau juga harus mengamalkannya.โ (Tafsir Al Qurthubi, 14: 425)
Namun tawaran itu ditolak oleh Nabi sehingga turunlah Surat Al Kaafirun tersebut. Sayangnya saat ini sebagian tokoh kaum muslimin mengamini tawaran konsep toleransi kalangan non muslim bahkan lebih aneh lagi manakala tokoh ummat yang menyerukan toleransi sebagaimana kaum kafir quraisy itu. Inilah toleransi yang sudah terbolak balik menjadi telorasin (dengan unsur huruf yang sama, tanpa membuang sedikitpun). Sehingga kalangan mayoritas bersedia mengamini doa dari sebagian kecil minoritas yang berkuasa. Na’udzubillahi min dzalik.
Semoga Allah swt menyelamatkan diri kita dari fitnah akhir zaman dan melindungi ummat ini dari perpecahan yang menyebabkan lemahnya kekuatan dan hilangnya kewibawaan ummat. Semoga Allah swt mengabulkan doa. Aamiiin…