KANAL24, Malang – Di Era digital dan ekonomi sharing ini Badan Usaha Kampus perlu memperbanyak kolaborasi untuk menciptakan peluang baru.
“Tantangan bisnis hari ini adalah bagaimana bisa efisien, value-nya bagus agar tetap kompetitif,” kata Adhiwena CEO Modalbisnis.id kepada kanal24.co.id Jumat (13/12/2019).
Jika produk sudah dilepas kepasar kata Adi konsumen tidak melihat itu produk dari kampus atau dari perusahaan besar namun konsumen akan membandingkan mana yang value dan harganya sesuai.
Menggelontor pasar dengan model bakar uang seperti ala start up jelas tidak mungkin dilakukan oleh badan usaha kampus. Regulasi dan modal jelas tidak mendukung langkah itu.
Adi menyarankan badan usaha kampus memilih langkah kolaborasi.
“Modal awal seperti pangsa pasar mahasiswa, keluarga mahasiswa dan alumni sudah jadi power bagi badan usaha kampus, tinggal mengkolaborasikan dengan pihak yang sevusi dan strategis,” kata jebolan FIA UB ini.
Terkait dengan temu bisnis badan usaha kampus dengan alumni, Adi sangat mendukung sebagai sarana promosi dan menggali potensi kolaborasi.
” Pertemuan Sabtu besok itu bagus sekali. Pastinya akan banyak masukan dan peluang yang bisa tergarap untuk kemajuan badan usaha kampus,” pungkas Adi. (sdk)