KANAL24, Jakarta – Emiten PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) terus menunjukkan pertumbuhannya dengan pendapatan dan laba bersih pada 9M20 tumbuh 270,4% YoY dan 235,7% YoY, masing-masing menjadi Rp347,6 miliar dan Rp24,8 miliar.
Tercatat kinerja keuangan yang kuat sebagian besar didorong oleh ekspansi yang kokoh dari segmen cloud advertising dan trade marketing.
Berdasarkan keterangan perseroan, Selasa (20/10/2020), segmen digital cloud advertising (Managed Services and Infrastructure-as-a-Services) DMMX menghasilkan pertumbuhan top-line sebesar 57,8% YoY menjadi Rp71,5 miliar di 9M20, sebagian besar berasal dari aktivitas penyebaran layar yang berkelanjutan.
Pada akhir September, DMMX telah memasang 12.823 layar (+103,8% YoY), mencakup 9.373 titik (+90,6% YoY). Pendapatan segmen trade marketing tumbuh sebesar 467,8% YoY menjadi Rp275,5 miliar di 9M20, didukung oleh peningkatan jumlah anggota gerai Pojok Bayar sebesar 57,1% YoY menjadi 74.078 pada akhir September.
Sementara itu, laba kotor dan laba operasi 9M20 tumbuh 97,8% dan 87,7% YoY masing-masing menjadi Rp36,2 miliar dan Rp18,1 miliar, didukung oleh ekspansi top-line yang kuat. Selama situasi COVID-19, DMMX terus menunjukkan ketahanan profitabilitas dengan margin laba kotor tetap kuat di 10,4% (vs. 10,7% di 1H20), meskipun terdapat peningkatan kontribusi top line dari segmen trade marketing yang digerakkan oleh GMV (79,2% dari pendapatan 9M20 vs. 77,8% dari pendapatan 1H20).
Sejalan dengan itu, margin laba operasi mencapai 5,2% di 9M20 (vs. 5,7% di 1H20), sedikit tertekan oleh peningkatan rasio biaya operasional terhadap pendapatan dari 5,0% di 1H20 menjadi 5,2% di 9M20, terkait dengan peningkatan dalam penyebaran layar (+2.093 layar di 3Q20 vs. 982 layar di 2Q20).
Laba bersih yang dapat diatribusikan pada 9M20 tumbuh sebesar 235,7% YoY menjadi Rp24,8 miliar, sebagian besar disebabkan oleh ekspansi organik dan evolusi operasi DMMX. DMMX mempertahankan posisi keuangan yang kuat dengan posisi kas bersih sebesar Rp174,1 miliar pada 9M20, memberikan banyak ruang ekspansi untuk membiayai upaya ekspansi jaringan titik iklan yang terus berlanjut.(sdk)