KANAL24, Jakarta – PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menyiapkan dana tunai Rp33,5 triliun atau sekitar Rp1,1 triliun per hari untuk mencukupi kebutuhan masyarakat pada saat perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020. Dibanding libur akhir tahun lalu, dana tunai yang disiapkan Bank Mandiri mengalami penurunan.
“Akhir tahun ini kita menyiapkan Rp33,5 triliun untuk libur Natal dan Tahun Baru. Akhir tahun lalu kita menyiapkan menyiapkan Rp33,6 triliun,” kata Direktur Consumer and Retail Transactions Bank Mandiri, Hery Gunardi, di Jakarta, Senin (16/12/2019).
Hery menjelaskan penurunan ini disebabkan kebutuhan uang tunai dari nasabah memang berkurang. Kini semakin banyak nasabah BMRI yang mengurangi penggunaan uang tunai untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari. “Karena dari segi customer base kita, sebetulnya meningkat. Tahun lalu 18 juta orang, saat ini mencapai 20 juta orang,” jelas Hery.
Dana yang disiapkan selama periode 2 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020 tersebut meningkat 26% dibandingkan periode normal. Dari besaran tersebut, Bank Mandiri (BMRI) mengalokasikan sekitar 85% untuk kebutuhan dana di mesin ATM, sedangkan 15% untuk kebutuhan di kantor cabang.
Hery berharap melalui antisipasi ini, dapat membantu masyarakat merayakan Hari Raya Natal dengan kedamaian dan menikmati suasana pergantian tahun dengan penuh sukacita. Transaksi Bank Mandiri rata-rata per hari pada masa normal mencapai 803 sampai 1.000 transaksi per detik. Bank Mandiri memperkirakan puncak lonjakan transaksi akan terjadi pada 23 Desember 2019 dengan 2.705 transaksi per detik.
“Sementara untuk 30 Desember 2019 kami perkirakan 2.464 transaksi per detik,” ucap Hery.
Saat ini, BMRI memiliki 18.291 ATM Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia untuk melayani kebutuhan dana tunai nasabah. Mengantisipasi kenaikan transaksi nasabah via mesin ATM pada musim libur nanti, sejak 9 Desember sampai 31 Desember 2019, Bank Mandiri akan melakukan optimalisasi limit pengisian ATM, kata Hery. Langkah ini akan dilengkapi dengan penerapan sistem monitoring kecukupan uang dan operasional mesin-mesin ATM agar dapat terus memenuhi kebutuhan masyarakat.
Di samping jaringan ATM, Hery menambahkan, pihaknya juga menyiapkan jaringan electronic banking , seperti fasilitas Mandiri Online, SMS Banking dan Call Center 14000 untuk membantu nasabah melakukan transaksi keuangan, termasuk pembayaran kewajiban bulanan.
Seluruh layanan perbankan 24 jam ini menyediakan sarana yang memungkinkan nasabah bertransaksi dengan nyaman dan aman berupa informasi rekening, transaksi transfer, transaksi pembayaran listrik, air, telepon/handphone, kartu kredit, tiket pesawat dan kereta api, pajak, pendidikan, asuransi, televisi berlangganan, internet, atau pembelian isi ulang pulsa.
“Khusus pada libur bersama 24 Desember 2019 dan Hari Natal 25 Desember 2019, kami juga akan mengoperasikan sebanyak 206 cabang di seluruh Indonesia secara bergantian untuk memberikan layanan secara terbatas, termasuk pembayaran delivery order oleh SPBU Pertamina. Rinciannya, 128 cabang pada tanggal 24 Desember dan 78 cabang pada tanggl 25 Desember,” kata Hery.
Sedangkan pada musim libur Tahun Baru, sebanyak 414 kantor cabang akan dioperasikan di seluruh Indonesia dengan perincian, 324 cabang pada 31 Desember dan 90 cabang pada 1 Januari 2020. (sdk)