Poltekad Gelar Pameran Peralatan Militer di Festival Salam Satu Jiwa Indonesia

Sersan Kepala Nurhadi memberikan keterangan terkait pameran peralatan militer oleh Politeknik Angkatan Darat (Poltekad) (Kanal24)

Kanal24, Malang - Dalam rangka memperingati HUT RI ke-77, Korem 083/Bdj menggelar Festival Salam Satu Jiwa Indonesia mulai  11 – 17 Agustus 2022 di Lapangan Brawijaya Rampal Kota Malang. 

Pada gelaran festival tersebut, Politeknik Angkatan Darat (Poltekad) juga turut membuka stand pameran dengan memamerkan peralatan militer yang dimilikinya.

Saat ditemui di lokasi (11/8/2022), Sersan Kepala Nurhadi yang menjabat sebagai Bintara Administrasi (Bamin) Balisitik menjelaskan bahwa Politeknik Angkatan Darat merupakan institusi pendidikan yang pesertanya berasal dari Angkatan Darat dari Sabang hingga Merauke dan memiliki lima jurusan pendidikan.

“Ada 5 (lima) jurusan, yang kemarin 3 cuman sekarang tambah 2 jurusan. Pertama jurusan Elektronika Sistem Senjata (Elkasista), Telekomunikasi Militer, Otomotif Kendaraan Tempur, yang terbaru Terasermil yaitu balistik yang terakhir cyber.” terangnya.

Di stand Pameran Politeknik Angkatan Darat, Nurhadi menunjukkan berbagai peralatan militer yang dimiliki oleh Poltekad diantaranya adalah roda tanpa udara, dan corner shoot.

“Nah ini merupakan alat-alat yang dipamerkan. Ada roda tanpa udara, mesikupun tanpa udara, tidak ada kendala saat beroperasi. Ini dimiliki dari jurusan mesin. Yang kedua corner shoot. Fungsinya untuk keamanan dari peninjauan musuh dengan lebar sudut antara 80 – 180 derajat dan senjata yang bisa dipakai adalah G2, Combat Elite, sama G-series. Ini milik politeknik jurusan balistik.” jelasnya.

Terkait pengembangan program pendidikan, Nurhadi yang juga merupakan alumnus Poltekad ini menjelaskan bahwa pengembangan program pendidikan di Poltekad semata-mata bertujuan demi kemajuan bersama.

“Kita memiliki tugas pokok untuk menjaga keamanan negara, dengan kecanggihan teknologi diluar misalnya drone disini kita juga kembangkan pendidikannya kita bangun biar Angkatan darat lebih maju. Tidak khususnya untuk Angkatan darat tapi untuk seluruh Angkatan TNI.” jelasnya.

Setalah mengenyam pendidkan di Poltekad, Nurhadi mengaku ilmu yang ia dapat sangat bermanfaat dalam membantu tugasnya di kesatuan.

“Ilmu itu sangat dipakai karena setelah saya pulang dari Poltkad itu saya kembali ke satuan asal itu disitu ditempatkan di tempat-tempat strategis, nah jadi sangat-sangat digunakan.” katanya.

Ia juga menjelaskan selain penambahan dua program studi, Poltekad berencana untuk menambah program S2.

“Biar ngga ketinggalan.” imbuhnya.

Selain kegiatan pameran budaya dan pameran teknologi, dalam Festival Salam Satu Jiwa ini Korem 083/Bdj juga mengadakan perlombaan, bazar, dan menyediakan hiburan yang bisa dinikmati para pengunjung. Seluruh masyarakat se-Malang Raya dapat menghadiri Festival Salam Satu Jiwa Indonesia yang akan dibuka mulai jam 09.00 sampai 21.00 WIB selama satu pekan. (din)

Bagikan