Kanal24
No Result
View All Result
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan
  • Login
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan
No Result
View All Result
Kanal24
No Result
View All Result

DIMENSI TANGIBLE DALAM PELAYANAN, SUATU PERSPEKTIF PROFETIK

Adam Kukuh Kurniawan by Adam Kukuh Kurniawan
August 4, 2023
in Ekonomi
0
10
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

oleh | Akhmad Muwafik Saleh

Perspektif profetik sangat menganjurkan pada setiap orang untuk memuliakan tamu sebagai bagian dari perwujudan iman. Artinya memuliakan tamu berhubungan dengan persoalan keimanan. Sebagaimana dijelaskan dalam hadist di bab sebelumnya. Bentuk tindakan memuliakan tamu tentu amatlah banyak, seperti menyediakan makanan dan minuman, memberikan tempat yang terbaik hingga berpenampilan yang baik sebagai bentuk pemuliaan.

Berpenampilan terbaik adalah bentuk kesediaan dan rasa bahagia atas kehadiran orang lain. Rasa bahagia adalah tanda syukur yang harus ditampilkan oleh orang yang mendapatkan nikmat. Sebagaimana sabda Nabi:

وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ

“Dan terhadap nikmat Tuhanmu, maka hendaklah kamu siarkan.” (QS. Adh Dhuha: 11).

Dalam perspektif profetik memahami bahwa tamu membawa nikmat karunia Allah swt sehingga sudah selayaknya seseorang itu bersyukur dan berbahagia. Tentu bentuk syukur atas nikmat ini adalah dengan memuliakannya. Dan termasuk tindakan memuliakan tamu adalah berpakaian yang baik. Sebagaimana hal demikian juga diperintahkan oleh Allah melalui keumuman perintah:

يَٰبَنِيٓ ءَادَمَ خُذُواْ زِينَتَكُمۡ عِندَ كُلِّ مَسۡجِدٖ وَكُلُواْ وَٱشۡرَبُواْ وَلَا تُسۡرِفُوٓاْۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلۡمُسۡرِفِينَ

Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan. (QS. Al-A’raf, Ayat 31)

Berpenampilan indah dimaksudkan sebagai upaya untuk bersyukur pada Allah swt atas segala karunia nikmat yang diberikanNya, sebab Allah senang manakala nikmat yang diberikanNya mampu membekas dalam diri seseorang. “Jejak nikmat” bisa dalam bentuk penampilan yang baik, rapih, bersih, enak dipandang, tidak lusuh dan kotor, sehingga enak dan nyaman disaat berinteraksi dengan orang lain. Sebagaimana dikatakan dalam sabda Nabi :

حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ مُحَمَّدٍ الزَّعْفَرَانِيُّ حَدَّثَنَا عَفَّانُ بْنُ مُسْلِمٍ حَدَّثَنَا هَمَّامٌ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ قَالَ .قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ اللَّهَ يُحِبَّ أَنْ يَرَى أَثَرَ نِعْمَتِهِ عَلَى عَبْدِهِ

Telah menceritakan kepada kami Al Hasan bin Muhammad Az Za’farani telah menceritakan kepada kami ‘Affan bin Muslim telah menceritakan kepada kami Hammam dari Qatadah dari ‘Amru bin Syu’aib dari Ayahnya dari Kakeknya ia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya Allah senang bila melihat bekas nikmat-Nya yang diberikan kepada hamba-NYa.” (HR. Tirmidzi no. 2744)

Sebuah inspirasi dan pelajaran berharga dalam sebuah praktek komunikasi pelayanan publik bahwa haruslah memperhatikan segala hal yang bersifat tangible (tampak). Penampilan yang tampak dalam sebuah pelayanan dapat berupa pakaian dari para petugas layanan, desain gedung baik interior maupun eksterior, warna gedung, penataan ruang pelayanan. Namun jika pelayanan bersifat online tentu bentuknya adalah desain web, display menu, icon menarik yang dapat membuat publik penerima layanan merasa nyaman, at home dan terpuaskan rasa visualisasinya.

Desain visual atas tempat pelayanan akan memberikan pengaruh persepsi atas publik terhadap lembaga, setidaknya akan memberikan kesan profesional serta mampu meningkatkan moral dan rasa percaya diri publik disaat berinteraksi dengan lembaga layanan tersebut. Artinya penampilan fisik dapat membangun persepsi positif atas lembaga. Akumulasi persepsi inilah yang akan membentuk citra (image) atas lembaga. Dimensi tangible memberikan dampak bagi nilai suatu kualitas pelayanan.

Penulis KH Akhmad Muwafik Saleh Pengasuh Pesma Tanwirul Afkar dan Dosen FISIP UB

Post Views: 216
Previous Post

Dampak Corona ke Pariwisata, Industri Mamin Terpukul

Next Post

Laju IHSG Siap Rebound, Saatnya Akumulasi Saham

Adam Kukuh Kurniawan

Adam Kukuh Kurniawan

Next Post

Laju IHSG Siap Rebound, Saatnya Akumulasi Saham

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trending
  • Comments
  • Latest

ISLAM DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

August 4, 2023

Yuk Kenali Istilah Dalam Karate

August 3, 2023

AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

August 4, 2023
UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

June 3, 2024
Permainan Interaktif Menjadi Media KKN FP UB Pupuk Minat Baca Anak Desa Kromengan

Permainan Interaktif Menjadi Media KKN FP UB Pupuk Minat Baca Anak Desa Kromengan

39
Dosen UB Kenalkan Teknologi Pembuatan Pakan Ternak dan Pupuk Organik ke Desa Plandirejo

Dosen UB Kenalkan Teknologi Pembuatan Pakan Ternak dan Pupuk Organik ke Desa Plandirejo

5
Layanan RSUB Kini Terintegrasi dengan Mobile JKN BPJS

Layanan RSUB Kini Terintegrasi dengan Mobile JKN BPJS

4

Review Film : Glass Onion: A Knives Out Story

3
5 Rekomendasi Tempat Makan Ramen di Malang

5 Rekomendasi Tempat Makan Ramen di Malang

May 10, 2025
Sambut Liburan, Rayz Hotel UMM Sajikan Big Breakfast Platter

Sambut Liburan, Rayz Hotel UMM Sajikan Big Breakfast Platter

May 10, 2025
Dosen Sosiologi UB Dorong Peran Keluarga Tangkal Hoax

Dosen Sosiologi UB Dorong Peran Keluarga Tangkal Hoax

May 10, 2025
Zumba Party Grand Mercure Malang Mirama, Media Muse Health Club Ajak Gaya Hidup Sehat

Zumba Party Grand Mercure Malang Mirama, Media Muse Health Club Ajak Gaya Hidup Sehat

May 10, 2025

Popular Stories

  • ISLAM DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Yuk Kenali Istilah Dalam Karate

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Yuk Kenali Sistem Swiss Manager Dalam Catur

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Berita
  • Tentang Kanal24
  • Galeri
  • Layanan
  • Pedoman Media Siber
Copyright Kanal24.com 2023

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan

Copyright Kanal24.com 2023