KANAL24, Jakarta – PT XL Axiata Tbk menilai, implementasi ketentuan Work From Home (WFH) dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19 berdampak pada peningkatan akses publik ke jaringan internet, seiring dengan pertumbuhan permintaan atas layanan data.
Menurut Plt Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, EXCLsudah mengantisipasi potensi kenaikan trafik semua layanan, terkait peningkatan aktivitas bekerja dan belajar dari rumah (WFH) yang dilakukan masyarakat sebagai upaya menghindari penyebaran virus corona.
“XL Axiata telah menyiapkan jaringan yang memadai di semua wilayah layanan, termasuk menyiagakan tim jaringan selama 24 jam sehari. Selain itu, jika memang terjadi peningkatan trafik yang signifikan, XL Axiata juga siap meningkatkan kapasitas jaringan,” kata Gede melalui siaran pers EXCL, Jakarta, Selasa (17/3/2020).
Dia mengatakan, peningkatan trafik mulai terlihat, seiring dengan meningkatnya pembicaraan mengenai wabah virus corona di Indonesia dalam beberapa hari terakhir. “Kemudian, mulai berkembang wacara bekerja dari rumah dan juga diliburkannya sekolah di berbagai provinsi. Akses ke sejumlah layanan data memang sudah meningkat, terutama browsing informasi melalui Google, selain juga trafik penggunaan Whatsapp serta media sosial seperti Facebook dan Twitter,” paparnya.
Lebih lanjut Gede mengungkapkan, semakin banyaknya kantor yang meminta karyawan bekerja dari rumah dan sekolah yang menyelenggarakan belajar dari rumah serta perkuliahan secara daring, maka akan meningkatkan akses ke jaringan internet.
Untuk itu, jelas Gede, EXCL terus memantau informasi dari masyarakat dan sistem monitoring jaringan Customer Experience and Service Operation Center di kantor pusat XL Axiata untuk mengetahui di area mana yang terjadi kenaikan trafik.
“Hingga saat ini, kapasitas jaringan XL Axiata masih bisa melayani kenaikan trafik yang terjadi,” imbuhnya.
Dia memyebutkan, area-area perkotaan dan wilayah yang menjadi pusat bisnis dan lokasi tempat tinggal pekerjanya mendapatkan perhatian XL Axiata. Perhatian juga ditujukan pada area-area sekitar kampus, karena adanya penerapan kuliah secara daring.
“Selebihnya, XL Axiata akan memastikan kualitas jaringan terjaga di semua wilayah layanan, mengingat saat ini kebutuhan pelanggan dan masyarakat atas layanan internet juga meningkat,” ucap Gede.
Gede memperkirakan trafik berpotensi meningkat sekitar 10-15 persen dibandingkan dengan hari-hari biasa. “Kami akan terus memantau perkembangan yang ada terkait dinamika masyarakat yang menerapkan work from home dan penerapan belajar di rumah untuk pelajar dan mahasiswa. Tentu saja kami berharap persoalan virus Corona bisa segera berakhir,” ujarnya.(sdk)