Kanal24
No Result
View All Result
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan
  • Login
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan
No Result
View All Result
Kanal24
No Result
View All Result

FALYASHIL RAHIMAHU : PRINSIP DASAR MEMBANGUN HUBUNGAN PELANGGAN

Adam Kukuh Kurniawan by Adam Kukuh Kurniawan
August 4, 2023
in Ekonomi
0
627
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

oleh | Akhmad Muwafik Saleh

Komunikasi yang harmonis adalah salah satu tujuan dari komunikasi pelayanan publik khususnya dalam menjalin hubungan antara lembaga layanan dengan para pelanggannya yaitu masyarakat penerima layanan. Hubungan baik antara pemberi layanan dan penerima layanan haruslah terjalin dengan baik agar ada proses kesepemahaman antar keduanya. Pemberi layanan dapat mengetahui kebutuhan masyarakat sehingga akan dengan mudah dalam menyusun strategi pelayanan. Sementara bagi penerima layanan juga dapat mengetahui keterbatasan dan kelebihan yang dimiliki oleh pemberi layanan sehingga bersedia menghadapi realitas dengan penerimaan yang baik. Hubungan baik keduanya akan terbangun dengan baik manakala terjalin silaturrahim antara keduanya.

Silaturahmi berasal dari gabungan dua kata yaitu pertama, shilah yang artinya hubungan dan kedua adalah rahim artinya kerabat. Rahim sendiri juga berasal dari Ar Rahmah yang berarti kasih sayang. Sehingga silaturrahim bisa bermakna suatu hubungan yang dilakukan dengan tujuan untuk meneguhkan kasih sayang diantara sesama.

Prinsip silaturrahim mengajarkan tentang keramahan dan kesediaan menjalin komunikasi yang baik dengan terus menyapa orang lain dan memberikan kepedulian serta perhatian kepada mereka. Silaturrahim mengajarkan tentang inisiatif dalam memberikan kebaikan kepada orang lain. Kesemua sikap positif ini akan menggugah sikap simpati orang lain yang menghadirkan perhatian, kepedulian serupa (mutual understanding), dukungan hingga loyalitas. Dalam bahasa hadits hal tersebut disebut dengan bertambahnya rezeqi dan panjang umur. Sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma berkata,

مَنِ اتَّقَى رَبَّهُ، وَوَصَلَ رَحِمَهُ، نُسّىءَ فِي أَجَلِه وَثَرَى مَالَهُ، وَأَحَبَّهُ أَهْلُهُ

“Siapa yang bertakwa kepada Rabb-nya dan menyambung silaturrahmi niscaya umurnya akan diperpanjang dan hartanya akan diperbanyak serta keluarganya akan mencintainya.” (Diriwayatkan oleh Bukhari dalam Adabul Mufrod no. 58, hasan)

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dia berkata; saya mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa ingin dibentangkan pintu rizki untuknya dan dipanjangkan ajalnya hendaknya ia menyambung tali silaturrahmi.” (HR. Bukhari no.5526)

Bertambahnya rezeqi adalah bermula dari adanya perhatian dan kepedulian serta dukungan dari orang lain atas diri kita sebagai akibat atau hasil atas jalinan kebaikan yang telah diberikan berupa perhatian penuh dari pemberi atau petugas layanan berupa kemudahan dan kecepatan layanan melalui berbagai program kretifitas dan inovasi yang dirancang untuk melayani publik.

Panjang umur adalah berupa bertahannya ingatan seseorang atas keberadaan orang lain sekalipun secara fisik telah lama tidak berjumpa ataupun tiada. Dalam konteks pelayanan maka panjang umur sebagai dampak dari jalinan hubungan yang baik dengan pelanggan akan menghasilkan kesan atau citra positif (positive image) dari para pelanggan atau publik terhadap pemberi layanan hingga melahirkan loyalitas dari para pelanggan sebab kebaikan sikap dan jalinan komunikasi yang telah dibangun sebelumnya. Inilah makna silaturrahim dalam pelayanan.

Penulis KH Akhmad Muwafik Saleh Pengasuh Pesma Tanwirul Afkar dan Dosen FISIP UB

Post Views: 2,674
Previous Post

Kejar Produksi 1 Juta Barel/Hari, Pertamina Investasi USD4,2 Miliar Tahun Ini

Next Post

Awal Pekan Koreksi IHSG Diperkirakan Masih Berlanjut

Adam Kukuh Kurniawan

Adam Kukuh Kurniawan

Next Post

Awal Pekan Koreksi IHSG Diperkirakan Masih Berlanjut

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trending
  • Comments
  • Latest

ISLAM DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

August 4, 2023

Yuk Kenali Istilah Dalam Karate

August 3, 2023

AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

August 4, 2023
UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

June 3, 2024
Permainan Interaktif Menjadi Media KKN FP UB Pupuk Minat Baca Anak Desa Kromengan

Permainan Interaktif Menjadi Media KKN FP UB Pupuk Minat Baca Anak Desa Kromengan

39
Dosen UB Kenalkan Teknologi Pembuatan Pakan Ternak dan Pupuk Organik ke Desa Plandirejo

Dosen UB Kenalkan Teknologi Pembuatan Pakan Ternak dan Pupuk Organik ke Desa Plandirejo

5
Layanan RSUB Kini Terintegrasi dengan Mobile JKN BPJS

Layanan RSUB Kini Terintegrasi dengan Mobile JKN BPJS

4

Review Film : Glass Onion: A Knives Out Story

3
Mahasiswa TI Vokasi UB Tampilkan Inovasi di Tech Fair 2025

Mahasiswa TI Vokasi UB Tampilkan Inovasi di Tech Fair 2025

June 19, 2025
Ijazah Jokowi dan Erosi Kepercayaan Publik

Ijazah Jokowi dan Erosi Kepercayaan Publik

June 19, 2025
Forum Komunikasi Komite Audit PTN-BH 2024 Soroti Tantangan Operasionalisasi

UB Raih Peringkat 680 QS WUR 2026, Bukti Penguatan Reputasi Global

June 19, 2025
FIA UB Fokus Riset Berdampak dan Digitalisasi

FIA UB Fokus Riset Berdampak dan Digitalisasi

June 19, 2025

Popular Stories

  • ISLAM DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Yuk Kenali Istilah Dalam Karate

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Yuk Kenali Sistem Swiss Manager Dalam Catur

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Berita
  • Tentang Kanal24
  • Galeri
  • Layanan
  • Pedoman Media Siber
Copyright Kanal24.com 2023

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan

Copyright Kanal24.com 2023