Kanal24, Malang – Potensi keuntungan bisnis kuliner tidak perlu diragukan lagi. Kuliner merupakan bisnis yang tidak lekang oleh waktu. Salah satu rekomendasi kuliner yang menarik dari Kota Malang yaitu Haviera. Haviera merupakan salah satu brand kuliner yang menjual berbagai produk olahan makanan seperti dessert cream, pudding, spaghetti burn, grass jelly drink, dan pastri.
Produk unggulan dari Haviera yaitu dessert cream. Dessert cream Haviera berbeda dengan dessert box yang lain, keunikannya terletak pada bahan baku pembuatannya. Dessert cream Haviera tidak menggunakan bahan baku cake tetapi biskuit, hal ini membuat rasa yang ditimbulkan tidak terlalu manis, tidak enek, dan bikin nagih, sesuai dengan tagline yang merupakan testimoni dari pelanggan yaitu “Nikmatnya bikin nagih!”.
Haviera dibangun pada tahun 2019, saat itu bisnis kuliner dessert box cukup booming di Indonesia. Awalnya pemilik Haviera, Hirmas F. Hanum, bukan berbisnis kuliner tetapi bisnis craft. Tetapi sejak kabar pandemi di China akhir tahun 2019, Hanum memutuskan untuk mengubah haluan menjadi bisnis yang tidak mudah lekang oleh zaman.
“Saya berpikir kalau pandemi ini sampai masuk ke Indonesia, ekonomi akan kacau. Akhirnya saya mengubah bisnis menjadi yang tidak mudah lekang oleh jaman, pastinya adalah bisnis kuliner,” ujarnya.
Hirmas F. Hanum, Owner Haviera saat Expo BEF 2022 di GOR Pertamina UB (Adi/Kanal24)
Dalam sehari, Haviera dapat memproduksi 100-200 dessert box. Pada hari-hari tertentu, seperti saat perayaan Natal dan Idul Fitri, penjualan bahkan bisa mencapai 500 dessert box per hari. Omzet per bulan yang didapatkan berkisar 20-50 juta rupiah.
Untuk membantu proses produksi, saat ini Haviera memiliki lima pegawai tetap. Pembelian dapat dipesan melalui ojek online atau datang langsung ke tempat di Perum The Arcadia Kav.17, Jl. Plaoson Barat, Blimbing, Kota Malang.
Selain dessert cream, saat ini Haviera memiliki produk terbaru yang dinamakan Mr. Pastry Crunch. Mr. Pastry Crunch merupakan produk olahan berbahan dasar pastri yang memiliki empat rasa yaitu pesto, pizza, apel, dan stroberi.
Ide pembuatan produk ini muncul dikarenakan produk dessert cream memiliki keterbatasan dalam pengiriman, sehingga Hanum mencari inovasi produk lain yang dapat dipasarkan ke daerah lain dengan lebih mudah. Saat ini Mr. Pastry Crunch sudah dijual di cafe, pusat oleh-oleh, rest area, stasiun, dan bandara.
Produk Haviera telah mendapatkan sertifikasi halal, legalitas produksi dan sedang dalam proses BPOM. Oleh karenanya Hanum optimis Haviera dapat terus berkembang.
Untuk produk pastri ia menargetkan dalam waktu dekat bisa memasarkan ke seluruh Indonesia, sementara untuk produk dessert box targetnya ingin membuka outlet di kota-kota lain.
“Pelanggan saya yang berasal dari luar kota biasanya ke Malang untuk membeli produk, biasanya mereka minta untuk dibuka outlet di kota ini, kota itu. Nah itu PR buat kami, harusnya bisa buka outlet lain supaya mereka juga bisa menikmati di kotanya masing-masing”, pungkas Hanum. (azk)