KANAL24, Jakarta – Penjualan Mobil Astra Group mengalami koreksi sepanjang Januari-September 2019 (Triwulan III-2019). Hal itu terangkum dalam dua entitas milik PT Astra International Tbk (ASII), yaitu PT Isuzu Astra Motor Indonesia ( IAMI ) dan PT Astra Daihatsu Motor baik di segmen kendaraan niaga maupun penumpang.
Tercatat penjualan penjualan IAMI secara konsolidasi terkoreksi 0,6 persen menjadi 17.697 unit dari periode yang sama tahun sebelumnya 17.796 unit. Sementara untuk Daihatsu, secara rata-rata industri di segmen passanger car terkoreksi 10,7 persen.
Direktur Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia Rahmat Samulo mengatakan, tren penurunan tersebut sejalan dengan penurunan penjualan industri otomotif nasional secara keseluruhan. Hal ini juga diprediksi akan berlanjut ke tahun 2020.
“Saya belum melihat ada indikasi yang membuat pasar otomotif terutama commercial vehicle akan membaik tahun depan, feeling saya masih stabil seperti tahun ini,” kata Rahmat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/11/2019).
Sementara itu, Planning & Communication Division Head PT Astra Daihatsu Motor Elfina Afny menjelaskan, segmen komersial industri otomotif nasional melambat sebagai dampak dari penurunan harga komoditas.
“Sehingga demand transportasi menurun, permintaan kendaraan pick up juga turun,” kata Elvina dalam kesempatan yang sama.
Mengacu pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), angka penjualan mobil sepanjang Januari hingga September 2019 mencapai 758.413 unit. Jumlah ini jauh menurun dari tahun sebelumnya yang bisa menembus 1.152.789 unit.(sdk)