KANAL24, Malang – Kesuksesan Ellips di 11.11 tahun ini tidak lepas dari peran Tmall Global dan Lazada. Ellips adalah brand Indonesia pertama yang membuka flagship store yang difasilitasi model kerja sama Tmall Global dan Lazada dalam program Sell to China.Flagship store Ellips diluncurkan pada bulan Juli 2019 menjelang penyelenggaraan 11.11.
Mengomentari kesuksesan Ellips di 11.11, Harry Sanusi, Presiden Direktur PT Kino Indonesia, Tbk mengatakan,
“Kami datang ke Tiongkok pertama kali pada awal tahun 2019 dengan misi Go Global. Lalu, kami melihat potensi Ellips yang besar untuk dijual melalui Tmall Global, terlebih lagi potesi dari 11.11. Global Shopping Festival. Dengan dukungan penuh dari Tmall Global, Lazada dan ekonomi digital Alibaba, kami sangat bangga menginformasikan bahwa, kami berhasil mencatatkan peningkatan penjualan 40 kali lipat pada 11.11 dibanding penjualan regular adalah awal yang sangat luar biasa.”
Harry Sanusi melanjutkan, KINO sangat antusias bahwa produk vitamin rambut Ellips yang dirancang untuk konsumen di iklim tropis seperti Indonesia mendapat sambutan baik di Tiongkok. “Karenanya, kami optimis bahwa penjualan Ellips akan terus meningkat,” tambahnya.
Selain Ellips, Tango, brand wafer dari Orang Tua Group yang telah hadir di pasar Tiongkok sejak tahun 2016 dan telah mengalami pertumbuhan pesat sebesar 100% YoY, untuk pertama kalinya mencatatkan pertumbuhan luar biasa pada festival 11.11 tahun ini.
Joni, CEO International Business dari Orang Tua Group, mengatakan, “Tango mendapatkan eksposur yang sangat besar pada Festival Belanja Global 11.11. Selain menjadi produk unggulan pada acara gala hitung mundur 11.11, Tango juga dipromosikan pada laman utama online Youku dan diperkenalkan pada konsumen luas melalui Viya – influencer nomor satu di platform livestreaming Alibaba: Taobao Live.”
“Saat Viya livestreaming mempromosikan Tmall Magic Box, yang salah satunya adalah produk wafer dari Tango, sesi itu ditonton oleh lebih dari 43 juta konsumen Tiongkok. Tak heran jika Tmall Magic Box pun ludes dalam dua jam setelah 11.11 dimulai. Dan berkat Alibaba dan Tmall Global, ketertarikan konsumen para produk Tango meningkat 115,62% di periode 21 Oktober hingga 11 November 2019, dibandingkan dengan periode sebelumnya. Untuk brand yang masih sangat muda di Tiongkok, angka ini tentu menunjukkan potensi yang prospektif,” tutur Joni.
Joni menambahkan, “Alibaba dan Tmall Global telah menjadi mitra strategis dalam pertumbuhan bisnis Tango di Tiongkok. Mereka memungkinkan kami untuk menjangkau konsumen di seluruh wilayah Tiongkok, dan memberikan informasi tren konsumsi yang berharga, tanpa beban logistik maupun biaya yang tinggi. Kami berharap bisa terus memperkuat kerjasama ini, terutama untuk menghadapi tantangan dalam membesarkan brand di pasar Tiongkok yang dinamis. (sdk)