Kanal24, Malang – Creanomic 2024, acara tahunan Fakultas Vokasi (FV) Universitas Brawijaya (UB) pada Jumat (22/11/2024) di Gedung Samantha Krida, berhasil menarik perhatian dengan lima kompetisi utama yang melibatkan peserta dari berbagai kalangan, mulai dari SMA/SMK hingga mahasiswa. Kompetisi-kompetisi ini dirancang untuk menggali potensi dan kreativitas peserta, serta memberikan dampak yang lebih besar terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan kewirausahaan. Selain itu, acara ini juga melahirkan sejumlah pemenang yang memamerkan inovasi dan karya luar biasa mereka.
Lima Kompetisi Utama di Creanomic 2024
1. CodeXplore: Inovasi Digital untuk Pemberdayaan UMKM
CodeXplore menjadi ajang kompetisi yang menggabungkan kreativitas dalam dunia teknologi dan pengembangan ekonomi digital. Dalam lomba ini, peserta ditantang untuk menciptakan solusi berbasis teknologi yang dapat mendukung pemberdayaan UMKM dan memperkuat literasi ekonomi. Beberapa peserta mengembangkan aplikasi web dan platform digital untuk meningkatkan kualitas layanan serta mempermudah akses bagi pelaku UMKM agar dapat berkembang lebih maju dan “naik kelas”. Kompetisi ini menunjukkan bagaimana teknologi dapat membantu mengatasi tantangan dalam dunia bisnis serta membuka peluang bagi generasi muda untuk berinovasi di bidang ekonomi digital.
Baca Juga : Creanomic 2024 Bangkitkan Jiwa Wirausaha Muda Fakultas Vokasi UB
Pemenang Lomba CodeXplore:
- Juara 1: Muhammad Kadavi (Warga Provoks), Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya – “Gerai UMKM: Inovasi Platform Berbasis Web Apps Guna Meningkatkan Literasi Ekonomi dan Pemberdayaan UMKM agar Maju dan ‘Naik Kelas’”
- Juara 2: Cagita Dian A’yunin (Sukasuka), Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya – “Batik Indonesia: Website E-commerce dengan Konten Edukasi”
- Juara 3: Calvin Raditya Sandy Winarto (Doa Mama), Departemen Teknik Informatika dan Komputer (DTIK) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya – “Platform Interaktif Untuk Layanan Travel Online Terpadu dan Terintegrasi Guide AI”
2. Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI): Meningkatkan Literasi Akademik
LKTI menjadi ajang bagi peserta untuk mengembangkan dan mempresentasikan ide-ide kreatif dalam bentuk tulisan ilmiah. Beberapa pemenang lomba ini akan diwajibkan untuk menghasilkan artikel yang dapat diunggah di platform akademik Shintanam, sebagai kontribusi bagi dunia pendidikan dan riset.
Baca Juga : PT RNI Dorong Agribisnis Milenial dalam Acara Creanomic 2024
Pemenang Lomba LKTI
- Juara 1: Fitri Yuliawati (OKE) – Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya, karya “DASH: Platform Digital bagi UMKM dan Mahasiswa Bekerja Sama dalam Bisnis Danusan dan Sponsorship”
- Juara 2: Anggi Putri Pramadita (AETHERION) – Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya, karya “Transformasi Digitalisasi Keuangan: Pemanfaatan Aplikasi My Parkir dalam Sistem Parkir di Kota Malang”
- Juara 3: Muhammad Hirza Dhiya (ENVIRALTERATION) – Fakultas Teknik Institut Teknologi Nasional, karya “Penerapan Teknologi dalam Pengelolaan Sampah: Analisis TPS 3R Basama Bandungrejosari Kota Malang terhadap Konvensional di Indonesia”
3. Business Plan: Mencetak Calon Wirausahawan Muda
Kompetisi ini menantang peserta untuk menyusun rencana bisnis yang aplikatif dan berpotensi untuk berkembang. Pemenang lomba ini diharapkan dapat menjadi wirausahawan muda yang sukses dan menginspirasi generasi berikutnya.
Pemenang Lomba Business Plan
- Juara 1: Defri Yuan Ananta (EcoVisionaries) – Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya, karya “Starter Pick Gardenly”
- Juara 2: Agsel Abiyyu Ghozi (Pixel Perfect) – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University, karya “Farminggo: Wujudkan Lingkungan Hijau dalam Keterbatasan Ruang”
- Juara 3: Raihan Rafiqi Nazhir (Nasi Goreng Pak Dji) – Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya, karya “Zero-Nest: Sustainable Dining Zero Waste Future”
4. Comic Quest: Ekspresi Kreativitas Visual dalam Cerita Bergambar
Komik Fest mengajak peserta untuk menciptakan cerita bergambar yang menarik dan penuh pesan. Kompetisi ini mengutamakan kreativitas dalam visualisasi ide-ide cerita, baik dalam bentuk komik strip maupun cerita panjang.
Pemenang Lomba Comic Quest
- Juara 1: Az-Zahra AqilahYasinisya – Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya, karya “Kerja vs Jualan”
- Juara 2: Eva Latifah & Agatha Herma Putra – Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya, karya “$404 Bitcoin”
- Juara 3: Imanda Lintang Prakorso – Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, karya “Dari Aksi Menjadi Ambisi”
5. Poster Design: Mengasah Daya Tarik Visual dan Pesan Komunikasi
Kompetisi desain poster ini menguji kemampuan peserta dalam menyampaikan pesan yang kuat melalui desain visual yang kreatif dan komunikatif.
Pemenang Lomba Poster
- Juara 1: Siva Ayu Dwi Rahmawat (SABIVA) – Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya, karya “Protecting Your Business Data in the Digital Age”
- Juara 2: Defri Yuan Ananta (TeamSes) – Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya, karya “Tingkatkan Penjualan Bisnismu dengan QRIS”
- Juara 3: Gilang Eka Maulana (ARC Team) – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau, karya “Klik dan Inovasi Menuju Bisnis Masa Kini”
Creanomic 2024 tidak hanya menjadi ajang untuk menonjolkan kreativitas, tetapi juga memberikan ruang bagi peserta untuk berkolaborasi dan meningkatkan literasi kewirausahaan. Dengan adanya kompetisi-kompetisi ini, diharapkan semakin banyak ide-ide segar yang dapat diterapkan di dunia nyata.Melalui lima kompetisi utama ini, Creanomic 2024 membuktikan bahwa kreativitas dan inovasi merupakan kunci untuk menghadapi tantangan global di masa depan. Dengan semangat ini, diharapkan acara serupa dapat terus berkembang dan menjadi ajang tahunan yang lebih besar dan berdampak. (nid/una)