Kanal24, Malang – Putri Ayu Febriani, mahasiswi semester tujuh Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya, berhasil mengembangkan inovasi di bidang kuliner. Melalui program Akademi Wirausaha Mahasiswa Merdeka (AWMM), Putri mengembangkan bisnis bernama Patty Wrap, produk yang menawarkan pengalaman berbeda dalam menikmati lumpia. (18/12/2024).
Berbeda dari lumpia pada umumnya, Patty Wrap hadir dengan konsep unik. “Biasanya kan orang makan lumpia isinya itu-itu saja. Kami ingin menghadirkan pengalaman baru dengan isi yang beragam seperti makaroni, jagung manis, bawang bombay, aneka daging, serta dibaluri saus dan mayones,” ungkap Putri. Produk ini juga mengusung konsep tri in one, yakni kandungan serat, protein, dan karbohidrat dalam satu sajian.
Menu yang ditawarkan Patty Wrap bervariasi, dengan harga mulai dari Rp8.000 hingga ian. Selain variasi isian, keunggulan lain dari produk ini terletak pada inovasi saus yang ditawarkan, menambah cita rasa khas pada setiap gigitan.
Saat ini, Patty Wrap dapat ditemukan di outlet fisiknya di Jalan Kerto Pamuji No. 27, Malang. Bagi pelanggan yang lebih menyukai layanan daring, produk ini juga tersedia di berbagai platform seperti Shopee Food, GrabFood, dan GoFood. Outlet ini beroperasi mulai pukul 15.00 , dan telah berjalan selama satu setengah tahun.
Meskipun baru memiliki satu outlet, omzet Patty Wrap terbilang menjanjikan, yakni mencapai Rp6 juta hingga Rp8 juta per bulan. Dengan dukungan dua pegawai paruh waktu, Putri tengah mempersiapkan langkah besar untuk memperluas bisnisnya. “Kami ingin pindah ke tempat yang lebih representatif untuk membangun central kitchen. Dengan begitu, jika membuka cabang baru, operasional akan lebih efisien dan kualitas produk tetap terstandar,” ujar Putri.
Rencana ekspansi ini juga mencakup peluncuran produk baru bernama Mandu Wrap, yang diharapkan dapat semakin memperkuat inovasi kuliner dari Patty Wrap. Selain itu, Putri dan timnya tengah mengurus sertifikasi halal, yang diharapkan rampung pada Desember mendatang.
“Semoga Patty Wrap semakin dikenal, semakin banyak yang membeli, dan bisa membuka lebih banyak cabang,” harap Putri. Dengan visi dan strategi yang matang, Patty Wrap tidak hanya menjadi bukti kreativitas mahasiswa Universitas Brawijaya, tetapi juga inspirasi bagi generasi muda untuk terus berinovasi di dunia bisnis. (fan)