Kanal24
No Result
View All Result
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan
  • Login
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan
No Result
View All Result
Kanal24
No Result
View All Result

KEADILAN PELAYANAN DALAM KISAH PROFETIK

Adam Kukuh Kurniawan by Adam Kukuh Kurniawan
August 4, 2023
in Ekonomi
0
2
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

oleh | Akhmad Muwafik Saleh

Ada hal menarik dalam kisah beberapa Nabi dalam sumber wahyu yang memberikan sebuah inspirasi tentang pentingnya komunikasi pelayanan publik. Salah satunya adalah kisah pengalaman Nabi Yunus a.s yang pernah meninggalkan ummatnya. Beliau pernah meninggalkan umatnya yang disebabkan penolakan ummat atas ajakan Nabi Yunus. Mereka lebih memilih kekafiran dan kesesatan daripada keimanan dan petunjuk, mereka mendustakan Nabi Yunus ‘alaihissalam, mengolok-olok dan menghinanya. Hingga Nabi Yunus merasa bahwa ummatnya sudah tidak dapat lagi didakwahi. Allah Swt pun memberikan kabar kepada Nabi Yunus untuk menyampaikan pada kaumnya, bahwa Allah akan mengadzab mereka karena sikap mereka itu setelah berlalu tiga hari. 

Namun begitu azab Allah akan turun, umat beliau ketakutan dan memohon ampun sehingga Allah tidak jadi menurunkan azabNya. Di saat umat Nabi Yunus a.s. mencari Nabinya untuk belajar agama lebih lanjut, mereka sudah tidak lagi menemukannya. Kemudian sebagai gantinya, Allah ‘menghukum’ Nabi Yunus a.s. dengan ditenggelamkannya beliau dan dimakan oleh ikan Hut (sebangsa paus).

Pelajaran penting di sini, seorang petugas pelayanan tidaklah boleh betindak yang dapat menyakitkan atau menghukum pelanggan/customernya secara langsung. Bahkan dianjurkan agar setiap petugas layanan menambah kesabaran atas perilaku mereka, kemudian berupaya berempati atas tindakan yang mungkin menyebalkan tersebut. Bahkan sebaliknya perlu adanya manajemen komplain yang ditangani secara profesional dalam suatu lembaga, untuk menghandling berbagai keluhan ataupun berbagai peristiwa yang menyebalkan dalam suatu pelayanan.

Kisah kedua adalah kisah Rasulullah saw saat sedang berdakwah kepada para  pembesar dengan mengesampingkn orang lain yang mungkin dianggap lemah, rendah, dari kalangan masyarakat biasa. Saat itu beliau, tidak memperdulikan atas keberadaan orang lain, seorang buta yaitu Abdullah bin ummi Maktum yang juga menginginkan untuk didakwahi oleh Rasulullah dan seraya terus melakukan interupsi kepada Rasulullah saw. Namun Rasulullah terus melanjutkan dakwahnya kepada para pembesar Quraisy itu seraya memalingkan muka beliau. Atas kejadian ini sehingga menyebabkan Nabi yang mulia, Rasulullah Muhammad saw akhirnya ditegur oleh Allah swt mengenai sikapnya ini. 

Pesan penting dalam kisah tersebut adalah pentingnya melayani yang terbaik, penuh perhatian dan kepedulian kepada siapapun saja tanpa membedakan status atau pun jabatan dari para pelanggan. Semuanya harus mendapatkan perlakuan yang sama dalam pelayanan secara adil. Hal ini mengisyaratkan bahwa komunikasi pelayanan harus mengedepankan prinsip keadilan dan kesamaan perlakuan. Bukanlah suatu tindakan komunikasi pelayanan publik yang tepat apabila membeda-bedakan publik layanan dengan membagi klaster ataupun klasifikasi pelanggan dengan maksud membeda-bedakannya. Tidak boleh ada kelas VIP (very inportance person) dalam pemberian layanan khususnya dalam komunikasi pelayanan publik.

Realitas ini mendorong setiap lembaga pelayanan publik untuk membuat suatu sistem yang dapat memperlakukan semua dalam posisi yang sama sehingga setiap orang akan merasakan suasana yang nyaman dan dapat memuaskan. Untuk itu desain manajemen komunikasi pelayanan publik perlu melibatkan semua komponen termasuk media untuk memastikan bahwa setiap pelanggan dilayani secara adil dan memuaskan.

Penulis KH Akhmad Muwafik Saleh Pengasuh Pesma Tanwirul Afkar dan Dosen FISIP UB

Post Views: 222
Previous Post

Efek Corona pada Perbankan Baru Terasa Kuartal II-2020

Next Post

Terlalu Lama di Depan Smartphone? Hati-Hati Bisa Kena Eye Strain

Adam Kukuh Kurniawan

Adam Kukuh Kurniawan

Next Post

Terlalu Lama di Depan Smartphone? Hati-Hati Bisa Kena Eye Strain

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trending
  • Comments
  • Latest

ISLAM DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

August 4, 2023

Yuk Kenali Istilah Dalam Karate

August 3, 2023

AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

August 4, 2023
UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

June 3, 2024
Permainan Interaktif Menjadi Media KKN FP UB Pupuk Minat Baca Anak Desa Kromengan

Permainan Interaktif Menjadi Media KKN FP UB Pupuk Minat Baca Anak Desa Kromengan

39
Dosen UB Kenalkan Teknologi Pembuatan Pakan Ternak dan Pupuk Organik ke Desa Plandirejo

Dosen UB Kenalkan Teknologi Pembuatan Pakan Ternak dan Pupuk Organik ke Desa Plandirejo

5
Layanan RSUB Kini Terintegrasi dengan Mobile JKN BPJS

Layanan RSUB Kini Terintegrasi dengan Mobile JKN BPJS

4

Review Film : Glass Onion: A Knives Out Story

3
Meylinda Angkat Kuliner Tradisional Lewat UMKM

Meylinda Angkat Kuliner Tradisional Lewat UMKM

July 4, 2025
Pengrajin Pusaka Malang Djadoel Hidupkan Warisan Budaya Nusantara

Pengrajin Pusaka Malang Djadoel Hidupkan Warisan Budaya Nusantara

July 3, 2025
FH UB Angkat Isu Penculikan Anak dalam Perkawinan Campuran

FH UB Angkat Isu Penculikan Anak dalam Perkawinan Campuran

July 3, 2025
Teknologi Tepat Guna Fapet UB di Bojonegoro, Targetkan 120 Inovasi Desa

Teknologi Tepat Guna Fapet UB di Bojonegoro, Targetkan 120 Inovasi Desa

July 3, 2025

Popular Stories

  • ISLAM DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Yuk Kenali Istilah Dalam Karate

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Yuk Kenali Sistem Swiss Manager Dalam Catur

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Berita
  • Tentang Kanal24
  • Galeri
  • Layanan
  • Pedoman Media Siber
Copyright Kanal24.com 2023

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan

Copyright Kanal24.com 2023