KANAL24, Malang – Tim pengabdian masyarakat Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FIB UB menyelenggarakan Lokakarya implementasi silabus Bahasa Inggris berbasis Kearifan Lokal bagi Guru SD di Kota Batu. Kegiatan dilaksanakan di Aula Gedung B Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UB, sabtu (7/9/2019).
Kegiatan ini diikuti oleh 50 guru-guru Bahasa Inggris SD se kota Batu.
Adapun pemateri pada Lokakarya ini adalah dosen FIB UB Wahyu Widodo, M.Hum ahli budaya Jawa yang memaparkan tentang kearifan lokal dalam pembelajaran dan Devinta Puspita Ratri, M.Pd mempresentasikan tentang implementasi silabus berbasis kearifan lokal
“Kegiatan ini adalah respon dari permasalahan mata pelajaran Bahasa Inggris SD yang tidak mempunyai pedoman pembelajaran dikarenakan mapel Bahasa Inggris untuk SD ditiadakan dari kurikulum 2013. Maka dari itu, para guru Bahasa Inggris mengharapkan adanya pedoman yang sama dan terukur untuk pembelajaran Bahasa Inggris,” ungkap Devinta.
Lebih lanjut, untuk merespon masalah tersebut, tim pengabdian masyarakat bekerja sama dengan guru-guru Bahasa Inggris SD menyusun silabus. Silabus yg disusun berbasis kearifan lokal karena diharapkan siswa SD tetap berpegang pada akar budaya mereka pada saat belajar bahasa asing.
Setelah silabus disusun, akan diuji coba di SD Mojorejo 1. Setelah itu, silabus di revisi berdasarkan feedback guru. Kemudian, dilaksanakan lokakarya bagaimana cara mengimplementasikan silabus yg berkearifan lokal ini.
“Tujuan kegiatan ini adalah memberikan kontribusi pada pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar dengan menyusun silabus Bahasa Inggris yang selama ini tidak ada. Hal ini menimbulkan permasalahan karena materi yg diberikan tiap sekolah tidak sama, padahal Bahasa Inggris diujikan di kelas 6 dan salah satu prasyarat untuk masuk SMP,” jelasnya.
Devinta manambahkan, dengan absennya silabus maka guru tidak mempunyai pedoman dalam memberikan materi, sehingga siswa kebingungan dalam mengerjakan tes. Dengan adanya kegiatan ini yang outcome nya adalah silabus, diharapkan dapat memberikan pedoman yang seragam dalam pembelajaran Bahasa Inggris
Kegiatan ini merupakan rangkaian ketiga tindak lanjut dari penelitian sebelumnya, yang mana akan berlanjut untuk menyusun buku ajar SD. (meg)