KANAL24, Malang – Stereotipe prospek pertanian yang cenderung negatif dan tidak menguntungkan menginisiasi lima mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya untuk memberikan buah pemikirannya untuk merevitalisasi mindset remaja agar pandangannya tentang pertanian tidak seburuk yang mereka pikirkan dengan menggunakan media game edukatif AGRIFYU. Mereka adalah Nadya Y Hi Wahid, Qonita, Felicia Lovillca, Ni Wayan Atik Sarmila, Gabe Arif Ditama Sinaga, dibawah bimbingan Bapak Medea Rahmadhani Utomo, SP., M.Si.
Game edukatif menjadi solusi yang dinilai efektif dalam meningkatkan pengetahuan serta revitalisasi pola pikir pada remaja. Game edukatif seperti HiFarm Education, Ecofunopoly dan Eduagri sudah mulai dikenalkan serta digunakan sebagai media edukasi pertanian. Namun faktanya game tersebut hanya dapat memperkenalkan pertanian secara dasar dan tanpa adanya penjelasan lebih lanjut.
“Game AGRIFYU ini merupakan konsep permainan sederhana yang dapat meningkatkan minat remaja terhadap pertanian melalui permainan edukatif ini,” kata Gabe, salah satu anggota tim, Rabu (1/9/2021).
“Ini adalah game yang menarik, adanya game ini dapat memberi banyak pengetahuan tentang pertanian yang tidak di dapatkan di SMA” Ujar seorang guru di SMAN 1 Batu saat meminta perizinan pengambilan responden di SMA Negeri Batu.
Game edukatif AGRIFYU ini mengangkat konsep pertanian modern yang berisi teknologi dalam kegiatan budidaya, sistem tanam, tata cara pengolahan lahan dan pengembangannya, serta prospek kerja dan peluang usaha dari setiap tema yang diangkat.
“Selain itu, game-game yang beredar dan yang banyak diketahui hanya berfokus pada anak usia dini, padahal media game edukasi juga efektif untuk diterapkan dan diimplementasikan oleh remaja dengan konsep yang menarik.” Ucap Nadya selaku ketua tim.
Setiap sub-game AGRIFYU dibatasi oleh durasi yang membuat remaja tertantang serta terdapat penjelasan dasar hingga kompleks yang dikemas dengan konsep yang sangat menarik. Melalui game ini diharapkan dapat menjadi upaya dalam revitalisasi mindset remaja terhadap prospek kerja agraris guna mendukung pertanian visioner.
Riset ini berhasil lolos pendanaan riset dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Riset Sosial Humaniora dengan judul penelitian: “AGRIFYU Berbasis Educational Web Games Sebagai Upaya Revitalisasi Mindset Remaja Terhadap Prospek Kerja Agraris Guna Mendukung Pertanian Visioner” . (sdk)