Kanal24
No Result
View All Result
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan
  • Login
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan
No Result
View All Result
Kanal24
No Result
View All Result

Melalui Chatbot, OJK Permudah Laporan dan Pengaduan Masyarakat

admin by admin
August 5, 2023
in Politik
0
57
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Kanal24 – Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Friderica Widyasari Dewi mengatakan, inovasi Consumer Support Technology (CST) berupa chat akan memudahkan masyarakat untuk bertanya atau mengadu.

Dikatakannya, layanan ini dapat dengan cepat dan tepat menjawab pertanyaan dan keluhan masyarakat.

“Chatbot ini akan menggunakan AI (Artificial Intelligence), kemudian bisa meng-capture, bisa melihat catatan di media sosial, melihat perkembangan yang ada, itu sangat canggih. Jadi sangat membantu tugas dan fungsi OJK yang selama ini sudah berjalan, tetapi akan dimudahkan dan di akselerasi dengan adanya teknologi ini, ” kata Friderica dalam OJK Virtual Innovation Day (OVID) 2022 di Jakarta (10/10/2022).

Friderica mengatakan layanan chatbot ini merupakan solusi terpadu yang terintegrasi dengan layanan OJK lainnya seperti aplikasi chat (Whatsapp, Telegram, Line), website, media sosial dan Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen (APPK), sehingga memberikan kemudahan bagi publik untuk bertanya atau mengadu.

Baca Juga : 3 Inovasi OJK Tumbuhkan Kepercayaan Industri Keuangan Digital Masyarakat

Friderica melanjutkan, layanan ini menggunakan analisis big data, machine learning, text mining, dan teknologi lainnya untuk memperkuat pemantauan perilaku pasar dalam  menangani pengaduan dan mengidentifikasi perilaku penyedia layanan keuangan yang mungkin melanggar prinsip perlindungan konsumen.

Melalui layanan ini OJK dapat memantau pesan-pesan tentang layanan keuangan yang mengandung  pelanggaran pasar baik  di media sosial maupun di website/aplikasi. Kemudian dapat melacak pelanggaran perilaku pasar oleh penyedia layanan  keuangan di media sosial.

Selain itu, OJK telah membuka helpline 157 untuk otomatisasi dalam menangani pertanyaan atau menganalisis keluhan konsumen secara responsif.

Friderica mengungkapkan bahwa proyek layanan ini sudah dimulai pada tahun 2019 yang melibatkan beberapa satuan kerja (satker) dan telah mendapat dukungan dari Biil Melinda Gates Foundation berupa Technical Assistant dari Microsave Consultant.

Ia mengatakan, ke depan OJK akan menjadi role model bagi regulator dalam menerapkan teknologi chatbot berbasis AI untuk meningkatkan perlindungan konsumen, seperti layanan sosial, pendidikan dan pembelajaran, penanganan pengaduan otomatis, layanan pelanggan digital dan perpustakaan digital, sistem pengelolaan informasi,  mesin pencari dan bantuan virtual.

Sebagai informasi, OJK merilis tiga inovasi pada OVID 2022, yang meliputi layanan Chatbot, modul literasi keuangan digital, serta OJK’s SupTech and RegTech Capacity Building.

Post Views: 726
Previous Post

Sertifikasi CPIB Dongkrak Produktivitas Budidaya Perikanan di Jawa Timur

Next Post

Sembilan Saham Pilihan Saat IHSG Koreksi

admin

admin

Jernih, Akurat, Mencerdaskan – Bersama Kanal24, temukan kebenaran dalam informasi.

Next Post

Sembilan Saham Pilihan Saat IHSG Koreksi

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trending
  • Comments
  • Latest

ISLAM DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

August 4, 2023

Yuk Kenali Istilah Dalam Karate

August 3, 2023

AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

August 4, 2023
UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

June 3, 2024
Permainan Interaktif Menjadi Media KKN FP UB Pupuk Minat Baca Anak Desa Kromengan

Permainan Interaktif Menjadi Media KKN FP UB Pupuk Minat Baca Anak Desa Kromengan

39
Dosen UB Kenalkan Teknologi Pembuatan Pakan Ternak dan Pupuk Organik ke Desa Plandirejo

Dosen UB Kenalkan Teknologi Pembuatan Pakan Ternak dan Pupuk Organik ke Desa Plandirejo

5
Layanan RSUB Kini Terintegrasi dengan Mobile JKN BPJS

Layanan RSUB Kini Terintegrasi dengan Mobile JKN BPJS

4

Review Film : Glass Onion: A Knives Out Story

3
400 Mahasiswa Filkom UB Mantapkan Pembekalan Final MMD

400 Mahasiswa Filkom UB Mantapkan Pembekalan Final MMD

June 26, 2025
Puncak Aquafeed Event 2025: Penghargaan untuk Pembudidaya Lele Terbaik

Puncak Aquafeed Event 2025: Penghargaan untuk Pembudidaya Lele Terbaik

June 26, 2025
Fapet UB Latih Ribuan SPPI, Dukung Ketahanan Pangan Nasional

Fapet UB Latih Ribuan SPPI, Dukung Ketahanan Pangan Nasional

June 26, 2025
Aquafeed Event 2025: PT Matahari Sakti Dorong Inovasi Budidaya Perikanan Nasional

Aquafeed Event 2025: PT Matahari Sakti Dorong Inovasi Budidaya Perikanan Nasional

June 26, 2025

Popular Stories

  • ISLAM DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Yuk Kenali Istilah Dalam Karate

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Yuk Kenali Sistem Swiss Manager Dalam Catur

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Berita
  • Tentang Kanal24
  • Galeri
  • Layanan
  • Pedoman Media Siber
Copyright Kanal24.com 2023

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan

Copyright Kanal24.com 2023