Kanal24 – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya melaporkan bahwa terdapat lima lokasi pada jalur kereta api di wilayah tersebut yang memiliki risiko terkena dampak dari bencana alam.
Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif di Kota Malang, Jawa Timur mengatakan bahwa lima titik yang berpotensi terjadi bencana alam tersebut menjadi perhatian khusus Daop 8 Surabaya.
“Kami petakan ada lima lokasi jalur kereta yang menjadi perhatian khusus,” kata Luqman.
Luqman Arif menjelaskan bahwa terdapat beberapa jenis bencana alam yang berpotensi terjadi di lima titik tersebut, di antaranya adalah banjir dan tanah longsor.
Kelima titik tersebut adalah jalur Stasiun Sumberejo, Stasiun Bowerk, dan Stasiun Babat yang berada dari Kabupaten Bojonegoro hingga Kabupaten Lamongan.
Selain itu, terdapat juga jalur kereta api antara Stasiun Sepanjang dan Stasiun Boharan yang berada di Kabupaten Sidoarjo, jalur kereta api antara Stasiun Malang dan Stasiun Malang Kota Lama di Kota Malang, serta jalur kereta api antara Stasiun Sumberpucung dan Stasiun Pohgajih yang berada di Kabupaten Malang.
“Jalur Selatan menjadi perhatian khusus, seperti Stasiun Sumberpucung-Pohgajih, dimana beberapa waktu lalu terjadi longsor dan mengganggu perjalanan kereta api,” ujarnya.
Luqman Arif menambahkan bahwa untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam, terutama selama periode Angkutan Lebaran 2023, KAI Daop 8 akan menempatkan sejumlah personel yang bertugas selama 24 jam untuk mengawasi titik-titik rawan tersebut.
“Kami akan menyiagakan petugas khusus yang bersiaga selama 24 jam,” katanya.
Ia melanjutkan, petugas yang ditugaskan akan melakukan pemantauan wilayah tersebut secara berkala dan akan melaporkan langsung ke pusat pengendali kereta api jika terjadi kondisi yang berpotensi membahayakan perjalanan kereta api.
Luqman Arif juga menjelaskan bahwa pihaknya akan menyiapkan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) di titik-titik terdekat pada lokasi jalur kereta yang berpotensi terkena bencana alam. AMUS tersebut terdiri dari pasir, bantalan rel, potongan besi, peralatan ringan petugas, dan alat berat Multi Tie Temper (MTT).
“Untuk AMUS, kami siagakan dan tempatkan di lima stasiun, yakni Stasiun Babat, Mojokerto, Bangil, Wlingi dan Sidotopo Surabaya,” katanya.
KAI Daop 8 Surabaya telah memastikan bahwa seluruh jalur kereta api dalam kondisi baik dan siap untuk digunakan selama musim Angkutan Lebaran 2023. KAI telah melakukan inspeksi pada jalur kereta api sepanjang 500 kilometer dan 52 stasiun yang tersebar di berbagai wilayah.